... satu bom diledakkan menggunakan alat kendali jarak jauh... "
Aden, Yaman (ANTARA News) - Tiga polisi Yaman tewas dan tiga orang lagi cedera ketika satu bom pinggir jalan meledakkan kendaraan patroli mereka di Provinsi Hadhramouth, YamanTenggara, Sabtu, kata satu sumber provinsi.

"Satu unit Brigade Lapis Baja Ke-135 sedang patroli rutin di Kota Kecil Shibam di Provinsi Hadhramouth sekitar pukul 10.00 waktu setempat. Tapi satu bom diledakkan menggunakan alat kendali jarak jauh ketika kendaraan patroli mereka melewati daerah itu," kata satu sumber keamanan yang tak ingin disebutkan namanya, Sabtu.

Bom itu diletakkan di satu jalan di dekat pos pemeriksaan militer mereka dan diledakkan dengan alat kendali jarak jauh, merusak mobil patroli tersebut dan menewaskan tiga anggota polisi di lokasi, kata sumber itu.

Pada Kamis pagi (9/10), seorang pembom bunuh diri yang diduga anggota Al Qaeda mengemudikan kendaraannya yang diisi peledak ke dalam satu pangkalan militer di Kota Pantai Mukalla di Hadhramouth, sehingga menewaskan sebanyak 20 prajurit dan melukai beberapa orang lagi.

Para pejabat militer Yaman telah menuduh anggota cabang Al Qaida yang berpusat di Yaman sebagai pelaku serangkaian pembunuhan dan serangan bersenjata, kebanyakan di bagian selatan negeri tersebut.

Al Qaeda di Jazirah Arab (AQAP), yang di Yaman dikenal dengan nama Ansar Ash-Sharia, muncul pada Januari 2009 dan dipandang sebagai salah satu ancaman terbesar bagi pemerintah Yaman dan negara tetangganya yang kaya akan minyak, Arab Saudi.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014