Samarinda (ANTARA News) - Karnaval berkonstum unik akan memeriahkan Tenggarong Kutai Carnival yang akan digelar dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-232 Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kertanegara pada Sabtu (18/10).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kutai Kertanegara Sri Wahyuni di Tenggarong, Senin, mengatakan karnaval meriah dengan kostum unik ini merupakan yang ketiga kalinya digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-232 Kota Tenggarong.

Karnaval pada 2014 ini mengusung tema "Nature Of Borneo". Para peserta akan mengenakan kostum dengan tema burung Enggang, Mangrove atau pohon bakau, serta Purun yang merupakan tumbuhan yang biasa dijadikan kerajinan anyaman yang ada di Kutai Kertanegara.

"Tiga tema tersebut menjadi dasar kostum unik yang dikreasikan masing-masing oleh 131 peserta TKC, termasuk di dalamnya ada 40 anak-anak," ujarnya.

Dia mengatakan konsep "run way" utama TKC 2014 ini berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu kali ini para peserta akan akan melintasi "run way" 125 meter mulai taman pedestrian jembatan Kartanegara dihadapan tenda berkapsitas 1.300 undangan kemudian terus menyusuri jalan raya di tepi Mahakam hingga finish di sekretariat Gerbang Raja atau depan Skate Park Tenggarong.

Sementara, Ketua TKC Nor Fajri mengatakan perkembangan progres penyelesaian kostum oleh masing-masing peserta telah mencapai 90 persen, bahkan ada yang sudah 100 persen. Para peserta TKC mempersiapkan dan membuat kostum masing-masing sejak Workshop TKC pertama pertengahan Mei 2014 lalu.

Ia mengatakan para peserta sangat bersemangat mempersiapkan show time 18 Oktober nanti dengan membuat kostum sendiri, dengan desain masing-masing, dan melengkapi bahan kostum mereka secara pribadi.

"Jadi uniknya di TKC ini seorang peserta mulai mendesain, membuat kostum, ber make up, sampai memperagakan kostumnya dilakukan peserta sendiri, bahkan hingga mendanai kostum yang dibuatnya, Disbudpar biasanya hanya sebatas memfasilitasi saja, jadi ini benar-benar kreatif," ungkap Nor Fajri.

Dalam pengenalan karnaval berstandar dan pembuatan kostum TKC tahun ini masih menggandeng Jember Fashion Carnival (JFC).

"Untuk diketahu event TKC tahun ini merupakan yang ke tiga kalinya dilaksanakan sejak 2012. Tahun pertama (2012) kostum yang ditampilkan berasal dari tema Hudoq, Tameng dan bulu Enggang, kemudian pada 2013 TKC mengambil tema kostum Belian, Seraong dan Anggrek," katanya.

Pewarta: Masnun
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014