Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Defile Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Jember Fashion Carnaval (JFC) fo Domocration menjadi spesial pada malam puncak Grand Carnival yang digelar di alun-alun Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (5/8) malam.

Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Jember hingga camat menjadi talent dengan mengenakan kostum bertema IKN.

"JFC memang otentik dan asli dari Jember, JFC bukan hanya milik rakyat Jember, namun sudah menjadi kebanggaan Indonesia untuk dunia," kata Bupati Jember Hendy Siswanto dalam keterangan tertulis yang diterima di kabupaten setempat, Minggu.

Baca juga: Puteri Indonesia hingga artis tampil memukau saat Grand Carnival JFC

Kostum defile IKN yang didominasi warna hijau, merah, dan kuning tampil menarik dengan hiasan ornamen kepala para talent, sehingga kemeriahan puncak JFC memukau puluhan ribu penonton sepanjang catwal jalanan sejauh 3,6 kilometer dari alun-alun menuju Gedung Olahraga (GOR) PKPSO Jember.

"JFC sebagai kebanggaan untuk peradaban dan kemanusiaan, karena lahir dari nilai-nilai kearifan lokal, kekuatan prinsip, sinergi, kolaborasi, dan tentunya akselerasi," tuturnya.

Hendy mengatakan JFC for Democration menjadi momentum untuk mensosialisasikan Pemilu 2024 menjelang pesta demokrasi di Kabupaten Jember, karena memang sedang memasuki tahun politik agar masyarakat bergembira dengan datangnya pemilu.

Para talent JFC for Democration membawa bendera merah putih dengan diiringi beberapa lagu berjudul "Memilih untuk Indonesia" dan "Bendera" yang dipopulerkan oleh grup band Cokelat.

Baca juga: Seniman hingga penyanyi Jepang meriahkan World Kids Carnival JFC

Baca juga: Puluhan tamu spesial dari Jepang meriahkan Jember Fashion Carnaval


Penampilan para talent ditutup dengan pasukan Paskibraka yang berbaris rapi sambil membawa bendera Merah Putih di sepanjang catwalk jalanan di depan Kantor Pemkab Jember.

Pada puncak Grand Carnival dimeriahkan oleh Puteri Indonesia 2023, Farhana Nariswari Wisandana, Puteri Lingkungan 2023, Yasinta Aurellia bersama sejumlah artis, di antaranya Prilly Mahatei Latuconsina, Yuki Anggraini Kato, serta istri Wakil Gubernur Jatim Arumi Bachsin.

Jember Fashion Carnaval ke-21 bertema timelapse Journey of the Earth dengan menampilkan 10 defile, yakni Bigbang, Prehistoric, Empire, Religic, Invention, World War, Super Star, Upcycle, Metaverse, dan Nusantara.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023