Jakarta (ANTARA News) - Lelah sepanjang waktu ternyata hampir dialami 5-7 persen orang di Inggris. Mereka rata-rata mengeluh kelelahan terlalu sering. Lalu bagaimana cara meningkatkan energi alamimu untuk mengatasi rasa lelah? Berikut terdapat lima cara untuk mengatasi rasa lelah. 

1. Konsumsi makan bervitamin B dan mineral

Ahli nutrisi, Rob Hubson, mengatakan, melakukan diet bisa meningkatkan tingkat energi kita sehari-hari.

"Kita memiliki kehidupan yang sibuk dan penting bagi kita memberikan tubuh cukup kalori untuk melewati hari. Hindari melewatkan makan dan pilihlah karbohidrat kompleks untuk menghindari turunnya gula darah yang dapat membuatmu lelah dan tidak seimbang," ujar Hubson seperti dilansir Female First.

Hubson mengajurkan kita untuk memastikan tubuh mendapat asupan vitamin B yang cukup. Hal ini, bermanfaat untuk mengubah makanan yang kau makan menjadi energi. Dia mengatakan, vitamin D  dapat ditemukan dalam kelompok biji-bijian seperti beras merah, barley dan quinoa serta protein tanpa lemak seperti ikan berminyak dan kalkun.

Di samping itu, lanjut Hubson, mineral juga penting untuk energi.

'Rendahnya kadar zat besi rendah dapat menyebabkan kelelahan, jadi penting untuk memasukkan banyak makanan kaya zat besi seperti daging tanpa lemak, sayuran berwarna hijau tua, kacang-kacangan dan buah-buahan kering dalam menu dietmu, " papar dia.

2. Kurangi stres

Merasa lelah bukan hanya tentang gizi, stres  juga mengambil bagian di dalamnya. Menurut Naturopath, Martin Budd, stres jangka panjang bukan hanya menguras emosi tetapi juga energi tubuh.

Di samping itu, menurut dia, terlalu sering mengosumsi kafein atau gula makanan untuk memberi kita dorongan energi, hanya membuat masalah menjadi lebih buruk.

3. Periksakan diri

Sangat penting untuk menyingkirkan masalah kesehatan yang serius, sehingga kunjungan ke dokter selalu disarankan.

"Kekurangan zat besi- anemia, kelelahan adrenal atau kurangnya tiroid mudah untuk didiagnosa dan diobati, namun kadang-kadang terlewatkan. Jangan takut untuk menguji hal ini, bahkan jika kau telah diuji sebelumnya," ujar Budd.

Menurut Budd, bagi kebanyakan orang, kelelahan bukanlah disebabkan masalah tunggal melainkan kombinasi dari faktor-faktor seperti pola makan yang buruk, kurang tidur, ketidakseimbangan hormon, stres dan jatuh keluar dari gaya hidup sibuk kita.

4. Bergeraklah

Seorang trainer profesional, Christina Howells, menganjurkan olahraga sebagai penambah energi. Dia mengatakan penting bagi kita untuk memulai olahraga perlahan-lahan dan istirahat secara teratur.

"Jika kau menderita kelelahan saya akan merekomendasikan latihan kardio, yoga, daripada latihan dengan intensitas tinggi," kata dia.

Di samping itu, lanjut dia, protein sangat penting untuk pemulihan latihan dan memperbaiki otot sehingga  Christina merekomendasikan memasukkan protein dalam makanan ringan pasca-latihan.

5. Banyak minum air

Apa yang kita minum juga mempengaruhi energi. Minuman manis dan kafein membuat kita merasa lebih lelah.

Kemudian, dehidrasi adalah salah satu sebab yang menyebabkan kelelahan dan kehilangan konsentrasi. Oleh karena itu, Hubson menganjurkan kita mengonsumsi banyak air.

"Minum banyak air dan tambahnkan mint, kemangi, lemon atau mentimun untuk membuatnya sedikit lebih segar," kata dia. (*)

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014