... ganteng-ganteng... "
Ngabang, Kalimantan Barat (ANTARA News) - Layaknya menonton pesohor, ratusan penonton sangat antusias menyaksikan peserta balap sepeda Tour de Khatulistiwa 2014 mencapai garis finish pada etape I Pontianak-Ngabang, Kalimantan Barat, di depan Kantor Cabang Ngabang Bank Kalbar, Rabu.

Sejumlah jalur lalu-lintas ditutup sehingga pengamanan lalu-lintas cukup ketat. Peserta balap sepeda dari 17 negara Eropa itu saat sampai finish, mendapat sambutan antusias dari jajaran pemerintah Kabupaten Landak dan masyarakat setempat.

Peserta balap sepeda internasional itu sontak menjadi pesohor dadakan.

Sejumlah masyarakat secara bergantian minta foto bersama, berdesak-desakan di Lapangan Bardanadi, memakai kamera apa saja, termasuk telefon genggam.

"Saya tidak bisa bahasa Inggris mau ngomong dengan pembalap. Jadi pakai isyarat saja minta foto dengan dia. Orangnya asyik dan ganteng-ganteng," ujar Nisa, salah satu penonton yang foto bersama dengan pembalap idolanya.

Meskipun panas matahari menyengat tepat pukul 12.00 WIB. Para penonton dan juru foto mengabadikan kedatangan pebalap dengan kecepatan yang cukup tinggi. Temperatur dan kelembaban udara yang tinggi menjadi tantangan tersendiri bagi peserta Tour de Kalimantan 2014 itu.

Untuk etape I dari Kota Pontianak-Ngabang, pebalap sepeda Iran memborong posisi 1 hingga 3.  Pembagian hadiah uang tunai diserahkan Bupati Landak, Adrianus Asia Sidot, dan Ketua DPRD Landak, Heri Saman.

Kepala Dinas Pemuda Kebudayaan dan Pariwisata Landak, Lukas Kanoh, mengatakan, peserta balap sepeda Tour de Khatulistiwa 2014 menginap semalam di Bumi Intan (julukan Kabupaten Landak), beramah-tamah makan malam dengan jajaran pemerintah Kabupaten Landak dan disuguhi sejumlah hiburan sebagai promisi potensi pariwisata di Landak.

"Sedangkan Kamis pagi peserta akan memasuki etape II dari depan Keraton Ismahayana Landak menuju Kabupaten Bengkayang," ujar Kanoh.

Pewarta: Kundori dan Nurul Hayat
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014