... ada lubang bekas tembakan di bagian belakang mobil Toyota Harrier nomor registrasi AB 264 AR milik Amien Rais... "
Jakarta (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Sutarman, belum bisa memastikan bahwa tembakan orang tak dikenal yang mengenai kendaraan milik politisi senior sekaligus bekas Ketua MPR, Amien Rais, merupakan teror.

"Kami tunggu dulu hasil penyelidikan," kata Sutarman, di sela-sela acara Pameran Foto Pilpres 2014, di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis.

Menurut dia, kepolisian selama ini telah bekerja sama dengan pihak-pihak swasta yang melakukan pengamanan terhadap obyek-obyek tertentu, termasuk para tokoh masyarakat yang memiliki satuan pengamanan pribadi.

"Minimal bapak-bapak ini ada pengamanannya sendiri, termasuk di rumah beliau itu ada satpam, saya kira itulah kerja sama kita dengan satuan - satuan pengamanan, karena kita tidak mungkin mengawal semua orang sehingga kita kerja sama dengan satpam-satpam untuk mengamankan," katanya.

Sebelumnya, rumah Rais, di Jalan Pandeansari Blok 2 Nomor 3 Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis dini hari, ditembak orang tidak dikenal. Tembakan mengenai mobil yang diparkir di depan rumah.

"Penembakan misterius ini tidak sampai mengenai penghuni rumah, dan hanya mengenai mobil," kata petugas keamanan di rumah Amien Rais, Hefi Ismail.

Menurut Hefi, penembakan tersebut terjadi sekitar pukul 02.00 WIB, Kamis dini hari. "Saat itu terdengar suara letusan senjata yang berasal dari jalan di depan rumah," katanya.

Ia mengatakan saat itu dirinya melihat ada orang mengendarai sepeda motor jenis matic yang kabur ke utara.

"Ketika pagi dicek, ternyata ada lubang bekas tembakan di bagian belakang mobil Toyota Harrier nomor registrasi AB 264 AR milik Amien Rais," katanya.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014