Jakarta (ANTARA News) - Produk kreatif berupa sajadah berbahan kain jins buatan warga Condet, Jakarta Timur, berhasil menembus pasar Korea Selatan, seperti yang dipamerkan pada Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD) 2014 di Jakarta.

"Alhamdulillah penjualan terjauh sampai ke Korea Selatan. Mereka suka dengan sajadah jins, dan rencananya nanti akan pesan lagi," kata produsen produk itu, Umar Saad, Jumat.

Umar menjelaskan bahwa sajadah jins sangat menarik karena berbeda dari sajadah lainnya dan belum ada produk serupa di pasaran, untuk itu ia memanfaatkan peluang tersebut untuk membuat produk kreatif.

"Targetnya memang ke anak muda, karena mungkin ibadahnya masih kurang jadi supaya makin semangat," kata Umar.

Sebelum dipasarkan hingga ke luar negeri, Sajadah Jins juga pernah meraih Juara 1 dalam lomba yang diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga pada kategori produk pelopor.

Menurutnya kendala yang kerap dirasakan ketika mengirim produknya ke luar negeri ialah besarnya ongkos kirim barang dari Indonesia ke negara tujuan.

"Ke Korea misalnya, harga barang dengan ongkos kirimnya bisa sama. Misal total barangnya seharga satu juta, ongkosnya juga satu juta," kata Umar menjelaskan.

Untuk itu ia berharap agar pemerintah mampu memberikan bantuan berupa kemudahan ekspor barang serta kegiatan promosi yang lebih luas.

Pada acara yang digelar tanggal 4-7 November tersebut sebanyak 250 peserta Industri Kecil dan Menengah (IKM) dari 15 sektor industri kreatif di Jakarta terlibat untuk mempromosikan produk kreatif mereka.
(SDP-90)

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014