Jakarta (ANTARA) - PT BRI Asuransi Indonesia atau BRI Insurance (BRINS) melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility/Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan perusahaan (CSR/TJSL) dengan tema BRINS Green Action #LindungiCiliwung di Padepokan Ciliwung Condet, Jakarta Timur.
 
Pada program CSR kali ini, BRINS memfokuskan program pada kepedulian lingkungan serta budaya dalam rangka pemberdayaan masyarakat setempat. Kegiatan dihadiri langsung oleh Direktur Teknik BRINS Ade Zulfikar, Direktur Operasional BRINS Sony Harsono, dan Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko BRINS Heri Supriyadi.
 
Dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat, Ade Zulfikar menyampaikan kepedulian BRINS terkait isu-isu lingkungan tentunya masuk ke dalam nilai perusahaan, yaitu ESG/LST (Environmental, Social, and Governance/Lingkungan, Sosial, dan Tata kelola) sebagai tanggung jawab perusahaan untuk memberikan dampak positif terhadap lingkungan.
 
"Kegiatan ini merupakan salah satu cara BRINS mendorong nilai perusahaan untuk turut hadir dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dengan menggunakan prinsip People, Planet, and Prosperity,” ujar Ade.
 
Ia mengatakan kegiatan kepedulian lingkungan seperti ini telah menjadi kegiatan reguler perusahaan karena telah dilakukan BRI Insurance selama beberapa tahun terakhir, seperti kegiatan penanaman bakau di beberapa kota.
 
Dalam bidang lingkungan, BRINS memberikan beberapa bantuan seperti perahu karet untuk para relawan Padepokan Ciliwung Condet melakukan aksi bersih-bersih di area bantaran dan sekaligus memonitor debit air sungai sekitar, serta menanam bibit pohon loa dan pohon melinjo yang diharapkan bertumbuh untuk menjaga lingkungan dengan menahan terjadinya abrasi di tepi sungai.
 
Sementara untuk pohon melinjo ke depannya hasil panen bisa dimanfaatkan untuk produksi emping yang dikelola oleh pengurus Padepokan dengan harapan mampu membantu meningkatkan nilai ekonomi masyarakat setempat.
 
Adapun relawan Padepokan Ciliwung Condet memiliki keterampilan budaya, salah satunya dalam pembuatan batik cap dengan corak khas Betawi. Kepedulian terhadap pelestarian budaya mendorong BRINS memberikan bantuan berupa alat batik cap dan pembuatan kolam batik sebagai media pewarnaan batik kepada para perajin batik di daerah tersebut.
 
Bantuan juga diberikan kepada seluruh relawan Padepokan Ciliwung Condet berupa paket sembako sebagai bentuk apresiasi atas kepedulian dan kerja keras dalam menjaga lingkungan hidup yang berkelanjutan.
 
Kegiatan CSR yang dilakukan BRINS mendapat tanggapan positif dari masyarakat sekitar Padepokan Ciliwung Condet dan beberapa pihak lain yang turut hadir pada acara tersebut, seperti Kepala Sub Bagian Tata Usaha Unit Pelaksana Kebersihan Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Ngurah Wishnu, Kepala Suku Dinas Kebudayaan Kota Jakarta Timur Berkah Shadaya, Kepala Bidang Kehutanan Dirja Kusuma, dan pihak dari Padepokan Ciliwung Condet, Ahmad Maulana.
 
Kepala Sub Bagian Tata Usaha Unit Pelaksana Kebersihan Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Ngurah Wishnu memberikan apresiasi penuh kepada BRI Insurance yang telah memberikan dukungan dengan melakukan kegiatan pelestarian lingkungan Padepokan Ciliwung Condet.
 
Dirinya berharap agar kegiatan ini bisa memberikan manfaat dan dampak positif yang besar untuk masyarakat, khususnya di sekitar Padepokan Ciliwung Condet.
 
Ke depan, BRINS berharap kegiatan CSR ini akan memberikan dampak positif dan menambah daya tarik masyarakat dalam pemberdayaan lingkungan dan budaya. Dengan semangat The Most Trusted Partner For Reliable Protection Solutions, BRINS siap menjadi mitra dalam berkolaborasi kepada berbagai pihak, baik meliputi aspek bisnis maupun nonbisnis.

 
Baca juga: Lewat segmen UMKM, kinerja BRI diproyeksikan akan terus tumbuh
Baca juga: Mengubah sisa sampah menjadi duit
Baca juga: Tranformasi digital, peluang dan tantangan UMKM

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023