Padang (ANTARA News) - Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya, Direktoriat Jendral (Ditjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menggelar pameran kekayaan budaya Indonesia dengan judul Keajaiban Cerita Rakyat Nusantara di Museum Adityawarman, Padang.

"Sejumlah cerita rakyat yang dipamerkan dalam pameran ini diharapkan bisa mendorong minat masyarakat, terutama generasi muda agar mau menggali kekayaan budaya bangsa," kata Direktur Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya, Diah Harianti di Padang, Selasa.

Menurut dia, Indonesia memiliki beragam kebudayaan yang sangat menarik dan memiliki nilai luhur yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. Ragam kebudayaan itu akan hilang jika tidak dilestarikan.

"Pelestarian nilai-nilai budaya ini bukan hanya tugas pemerintah, tetapi juga tugas semua lapisan masyarakat yang memiliki budaya tersebut," katanya.

Dia mengatakan, saat ini Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya telah mengidentifikasi dan mencatat setidak 4.000 cerita rakyat dari seluruh daerah di Indonesia.

Kepala Museum Adityawarman, Noviyanti mengatakan, sangat antusias membantu pegelaran pameran Kekayaan Budaya Indonesia itu karena pameran tersebut ikut memberi andil dalam mendorong masyarakat untuk datang ke museum.

"Pameran kali ini melibatkan sejumlah sekolah di Padang, karena itu kunjungan ke museum setiap hari menjadi meningkat tajam," kata dia.

Pameran tersebut akan digelar selama seminggu dari 18 Nofember hingga 23 November 2014.

"Selama pameran, kinjungan ke museum kita gratiskan," kata Noviyanti.

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014