Jakarta (ANTARA) -
PT Pos Indonesia (Persero) mengangkat cerita rakyat Papua dalam prangko seri gerhana matahari yang diterbitkan hari ini.
 
"Untuk mengabadikan momen gerhana matahari, PT Pos Indonesia menerbitkan prangko seri gerhana matahari (GMT) 2023 yang mengangkat cerita rakyat dari Papua," kata Manajer Layanan dan Pemasaran Kantor Filateli Jakarta Sri Emelda pada keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.
 
Cerita rakyat Papua yang diangkat dalam prangko seri ini adalah “Memecah Matahari”, yang merupakan representasi lintasan peristiwa gerhana matahari total tahun 2023 meliputi wilayah Indonesia bagian Timur, terutama wilayah Papua.
 
Berdasarkan keterangan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) RI, gerhana matahari total akan terjadi di wilayah timur Indonesia yakni Kepulauan Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Baca juga: Kemenkominfo dan PT Pos perkenalkan prangko seri geopark Belitong

Baca juga: Kementerian Kominfo luncurkan prangko khusus seri APG
 
Gerhana matahari total diperkirakan akan terjadi pada 13.20-13.54 WIT pada wilayah tersebut.
 
Adapun beberapa titik lintasan terdiri dari pulau Kisar, pulau Karas, Roswar, Batu Merah dan Biak adalah daerah yang akan mengalami gerhana matahari secara total.
 
Cerita Memecah Matahari dari Papua merupakan salah satu catatan dan cerita turun temurun dalam budaya masyarakat yang terkait dengan astronomi.
 
Cerita-cerita dari langit yang memberi interpretasi tersendiri terhadap obyek yang ada di langit oleh masyarakat berabad lampau merupakan khazanah kekayaan budaya di Indonesia.
 
Kisah Memecah Matahari dari Papua bercerita tentang perjuangan seorang pemuda pemberani Bernama Rangi yang hidup di selatan kaki Pegunungan Jayawijaya, pada sebuah desa kecil yang diselimuti kegelapan.
 
Rangi mencoba menyelamatkan desanya dari kegelapan dengan segala daya upaya. Kerja kerasnya pun membuahkan hasil, Rangi berhasil mendapatkan dua lembing sakti.
 
Rangi dengan berani melontarkan dua lembing sakti tersebut untuk memecah kegelapan yang menutupi matahari. Keberanian Rangi ini pun berhasil memecah matahari dari kegelapan menuju cahaya yang terang. Kegelapan pun sirna, kini desa Rangi menjadi terang dan penuh dengan cahaya matahari.
 
Prangko seri gerhana matahari (GMT) yang mengangkat cerita rakyat Papua diterbitkan PT Pos Indonesia (Persero) hari ini, Kamis (20/4/2023) (ANTARA/HO-PT Pos Indonesia (Persero))

Prangko GMT yang diterbitkan PT Pos Indonesia kali ini diantaranya Souvenir Sheet (SS), Full Sheet (FS), dan Sampul Hari Pertama (SHP).
 
Untuk itu, bagi sahabat pos yang berminat membeli prangko seri gerhana matahari ini, bisa mendapatkan prangkonya di Kantor Filateli Jakarta 10700, Jalan Lapangan Banteng Utara no. 1 Jakarta Pusat 10710, situs web Filateli.co.id, dan dapat diperoleh juga di kantor pos seluruh Indonesia.
 
Kantor Filateli Jakarta juga tetap buka kecuali selama Hari Raya Idul Fitri pada 22-23 April 2023.*

Baca juga: Kominfo teken kontrak infrastruktur, rilis prangko seri vaksin

Baca juga: Pemerintah menerbitkan empat seri prangko terbaru

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023