Sleman (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan telah membangun kebun bibit rakyat sebanyak delapan unit atau setara dengan 400.000 batang bibit.

"Pembangunan kebun bibit ini dimaksudkan agar masyarakat membuat pembibitan tanaman, menanam, memelihara dan memanen untuk perbaikan kesejahteraannya," kata Bupati Sleman Sri Purnomo pada pembukaan Kemah Konservasi di Bumi Perkemahan Sidorejo, Turi, Sabtu.

Menurut dia, Dinas Pertanian juga akan melakukan penanaman lebih dari 650.000 batang pohon yang bersumber dari berbagai kegiatan.

"Penanaman tersebut diprioritaskan di lahan-lahan kritis," katanya.

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Sleman Widi Sutikno peringatan Hari Menenam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional tersebut bertujuan membangkitkan semangat, motivasi dan membudayakan seluruh masyarakat Indonesia untuk menenam dan memelihara pohon dalam rangka membangun ekosistem hutan.

"Kegiatan ini juga untuk memperbaiki, merehabilitasi dan merestorasi hutan dan lahan di seluruh Indonesia," katanya.

Di samping penanaman pohon kegiatan tersebut juga diadakan Kemah Konservasi yang diikuti 600 siswa yang diikuti sekolah SLTA di Kabupaten Sleman.

"Dalam kegiatan ini juga dilakukan gerakan penanaman 16.200 batang bibit tanaman oleh peserta kemah, undangan dan masyarakat sekita," katanya.

Kegiatan Kemah konservasi dan Hari menanam pohon Indonesia tersebut ditandai dengan pelepasan burung dan penanaman pohon oleh Bupati Sleman, diikuti Ketua TP PKK Kabupaten Sleman Kustini Sri Purnomo, Ketua DPRD Sleman, Komandan Kodim Sleman Letkol Inf. Bambang Yudi Kustiwa.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014