counter

3,5 juta turis asing melancong ke Bali

3,5 juta turis asing melancong ke Bali

ILUSTRASI - wisatawan mancanegara turun dari kapal pesiar Silversea Shadow di Pelabuhan Benoa, Bali.(FOTO ANTARA/Nyoman Budhiana)

Denpasar (ANTARA News) - Kedatangan turis asing ke Bali selama 2014 bisa melampaui angka 3,5 juta orang, karena selama Januari--November saja sudah tercatat 3,4 juta orang sehingga dalam satu bulan lagi lebih dari seratus ribu orang.

"Pulau Bali masih menjadi pilihan utama wisatawan mancanegara untuk berlibur di Indonesia, dan hal itu tercermin dari jumlah kunjungan turis asing melalui Bandara Ngurah Rai, Denpasar," kata pengamat pariwisata, Tjok Gede Agung, di Denpasar Senin.

Apalagi adanya keinginan untuk menetapkan sasaran kedatangan turis asing sebanyak 3,5 juta orang tahun 2015 ke Bali, angka itu dinilai terlalu rendah mengingat perkembangan dunia perpelancongan semakin menggembirakan.

Ia mengatakan, Badung, sebagai kabupaten yang menikmati pendapatan asli daerahnya dari dunia pariwisata terbesar, sudah membentuk Badan Promosi Pariwisata daerah (BPPD) tentu akan lebih gencar melakukan kiat-kiat supaya bisa menarik turis asing lebih banyak ke daerah ini.

"Saya menilai adanya keinginan untuk menetapkan sasaran sebanyak 3,5 juta turis asing berlibur ke Bali tahun 2015 relatif rendah, karena selama sebelas bulan pertama 2014 sudah tercatat wisatawan yang datang langsung dari negaranya ke Bali 3,4 juta orang," kata Tjok Agung.

Apalagi dalam bulan menjelang akhir tahun masyarakat mancanegara yang melakukan perjalanan wisata akan lebih banyak lagi, sehingga dalam kurun waktu sebulan lagi jumlah turis asing ke Bali bias mencapai 3,7 juta orang.

Jumlah turis asing ke Bali saat ini rata-rata 300.000 orang per bulan, dan jika angka ini berlangsung hingga Desember nanti maka jumlah kedatangan turis asing ke Bali sudah bisa mencapai 3,7 orang, tambah Tjok Agung .

Jadi hanya melakukan kegiatan promosi yang ada saja, pada kurun waktu 2015 turis asing yang datang ke Bali sudah bisa melebihi 3,5 juta dari target yang ditetapkannya, kata dia sambil mengutak-atik data kunjungan turis asing yang dikeluarkan Dinas Pariwisata Bali.

Ia mengatakan, kenaikan jumlah wisatawan itu, belum diketahui apakah termasuk dari imbas krisis politik di Thailand yang selama ini merupakan kompetitor regional pada sektor pariwisata, atau berkat promosi yang dilakukan Bali ke mancanegara.

Tetapi dari jumlah kunjungan turis asing yang datang berlibur ke Pulau Dewata
sudah pasti masyarakat Australia terbanyak yakni 893.873 orang atau 26,15 persen dari jumlah wisman ke sini, menyusul turis Tiongkok 539.252.orang dan Malaysia diurutan ketiga 197.052 orang.

Pewarta: IK Sutika
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Pantai Kuta diterpa gelombang tinggi, turis asing tetap antusias

Komentar