AsiaNet 59063

KUALA LUMPUR, 29 Desember 2014 (Antara/Bernama-AsiaNet) --

Malaysia akan mulai memimpin ASEAN di tahun 2015 dengan menyelenggarakan Retret Menteri Luar Negeri ASEAN di Kota Kinabalu, Sabah, pada 27-28 Januari.

Retret ini adalah yang pertama dari rangkaian event Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN dan sejumlah Pertemuan Terkait lainnya di bawah Kepemimpinan Malaysia tahun depan.

Selama berlangsungnya event Retret tersebut, para Menlu ASEAN akan mendiskusikan berbagai prioritas di ASEAN untuk tahun 2015 dan Visi Masyarakat ASEAN Pasca 2015.

Para Menlu diharapkan dapat saling bekerjasama menghadapi berbagai isu politik, keamanan, dan pembangunan yang krusial bagi ASEAN dan negara-negara anggota.

Di antara sejumlah pertemuan yang akan digelar oleh Malaysia di antaranya adalah KTT ASEAN ke-26 pada April 2015 dan KTT ASEAN ke-27 pada November 2015.

Selama kepemimpinannya, Malaysia mengusung tema "Rakyat Kita, Masyarakat Kita, Visi Kita."

ASEAN juga akan masuk fase yang sangat menentukan pada tahun 2015 karena pada tahun tersebut merupakan periode akhir pengimplementasian rencana kerja yang terkandung dalam tiga cetak biru kestabilan politik, ekonomi, dan sosial budaya.

Tujuan utama bagi ASEAN di tahun 2015 adalah realisasi Masyarakat ASEAN seperti yang termaktub di dalam "Roadmap for ASEAN Community 2009-2015" di mana ke-10 anggota ASEAN berencana untuk mewujudkan keseragaman peraturan dan prosedur, dan konektivitas fisik, infrastruktur, dan people-to-people tanpa hambatan.

Sebagai ketua, fokus kunci Malaysia adalah untuk menjamin segala poin prioritas dan prakarsa untuk mewujudkan Masyarakat ASEAN sesuai dengan rencana dan proses pengintegrasian dapat terus berlanjut setelah 2015.  

Selain memimpin ASEAN untuk meraih semua tujuan tersebut, Malaysia juga berusaha, yang tak kalah pentingnya, untuk mengembangkan Visi Masyarakat ASEAN Pasca 2015 sebagai panduan untuk ASEAN guna terus tumbuh dan sejahtera.

Mengacu kepada Sekretariat ASEAN yang berbasis di Jakarta, progres positif telah terlihat dengan pengimplementasian tingkat implementasi sekitar 88% di ketiga pilar Masyarakat ASEAN.

Dibentuk pada tahun 1967 oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand, keanggotaan ASEAN bertambah seiring masuknya Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam.

Anggota awak media yang ingin meliput event Retret Menteri Luar Negeri ASEAN di Kota Kinabalu, Sabah dapat mendaftar masuk ke http://asean2015.bernama.com dan untuk informasi lebih lanjut tentang event ini.

Informasi lebih lanjut tentang event Retret Menteri Luar Negeri ASEAN juga dapat diperoleh dari situs resmi ASEAN: www.asean.org dan situs Kementerian Luar Negeri (MoFA): https://asean2015.gov.my

SUMBER: ASEAN Foreign Ministers’ Retreat Media Secretariat

UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT, SILAKAN HUBUNGI:
Nama  : Ms Zaria Mohd Nasri
Tel   : 603-2694 1024/603-2696 2123
Fax   :    603-2694 1021/22
Email :    mediasec@bernama.com

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2014