Pangkalpinang (ANTARA News) - Deputi Bidang Operasi Basarnas RI, Marsekal Pertama TNI Sunarbowo Sandi mengatakan, hasil pencarian kedua oleh Tim SAR terhadap pesawat AirAsia jenis air bus A320-200 yang dinyatakan hilang kontak pada Minggu (28/12) pukul 06.17 WIB masih nihil.

"Hingga pukul 18.00 WIB dari hasil penyusuran di pulau-pulau di wilayah Belitung Timur, tim SAR belum menemukan tanda-tanda keberadaan pesawat Air Asia tersebut," ujarnya di Pangkalpinang, Senin Sore.

Ia menyebutkan, dalam pencarian melalui udara, tim sempat menemukan benda yang diduga serpihan pesawat AirAsia yang jatuh tersebut. Namun pihaknya menduga benda tersebut hanya bekas sampah di laut saja.

Ia menambahkan, selain menemukan benda yang diduga serpihan pesawat, tim juga mendapati sinyal. Namun saat tim mendekati, sinyal tersebut langsung hilang.

"Sinyal yang sempat didapatkan itu bisa saja dari kapal nelayan, karena frekuensi 121.5 Hz itu umum, karena bisa dipakai orang sembarangan," jelasnya.

Mengenai dugaan serpihan pesawat yang sempat ditemukan itu, pihaknya akan mendalami pada esok hari.

"Nanti kami akan lakukan rapat guna menentukan lokasi-lokasi mana saja yang akan dilakukan pencarian oleh Tim SAR," katanya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014