Sampit, Kalimantan Tengah (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah pada 2015 akan membagikan sedikitnya 200 unit pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) secara gratis.

"PLTS tersebut rencananya akan dibagikan kepada warga di enam desa yang ada di wilayah Kabupaten Kotim. Sasarannya adalah rumah tangga yang belum memiliki penerangan listrik," kata Kabid Migas, Listrik dan Energi, Distamben Kabupaten Kotawaringin Timur, Dedi Jauhari, Jumat.

Pembagian PLTS kepada warga pada 2015 jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 382 unit.

Dari 382 unit PLTS pada 2014 lalu dibagikan kepada warga di 14 desa, dan dalam pengadaannya lengkap dengan tiga titik lampu, pemasangannya dilakukan oleh teknisi jadi masyarakat menerima dalam bentuk jadi atau langsung menyala.

"Pengadaan PLTS tahun ini hanya 200 unit untuk enam desa karena sudah ada dana alokasi desa (ADD), jadi sebagian pengadaannya dianggarkan dari ADD," katanya.

Bantuan PLTS terhadap masyarakat desa tersebut sebagai upaya pemerintah untuk pemertaan penerangan listrik karena di wilayah Kabupaten Kotim hingga saat ini masih banyak rumah tangga yang belum mendapatkan aliran listrik, terutama untuk rumah yang ada di daerah pedesaan yang jauh dari kota.

"Sampai saat ini di Kabupaten Kotim masih ada 23.000 dari 113.000 rumah tangga yang belum mendapatkan penerangan listrik. Jadi yang sudah mendapatkan penerangan listrik ada sebanyak 90.000 rumah tangga," terangnya.

Pewarta: Untung Setiawan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015