Jakarta (ANTARA News) - Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor siap menerjunkan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) untuk mengawal perayaan Tahun Baru Imlek 2566 di berbagai daerah di Indonesia.

"Pengamanan itu tugas kepolisian, tapi seperti biasa kami siap bantu memantau dan mengawal atau mengamankan," kata Alfa Isnaeni Kepala Satuan Koordinasi Nasional Banser kepada Antara News di Jakarta, Rabu.

Alfa berpendapat di wilayah Jakarta aman untuk merayakan Imlek sehingga tidak diperlukan pengerahan pasukan kendati pihaknya tetap melakukan koordinasi dengan kepolisian di daerah jika memerlukan bantuan anggota Banser.

"Di Jakarta ada yang diterjunkan, tapi kemungkinan anggota Banser akan turun tanpa menggunakan seragam, misalnya di kawasan Glodok dan Kota. Kami harus melihat situasi supaya tidak semua pasukan diturunkan," kata Alfa.

Alfa mengatakan anggota Banser mungkin akan diturunkan di Surabaya, Tuban, Malang, Kediri, Semarang, Magelang dan Solo karena dinilai banyak perayaan akan diselenggarakan di kota tersebut.

Alfa berharap perayaan Tahun Baru Imlek 2566 berjalan dengan lancar untuk menunjukan bahwa Indonesia adalah bangsa yang rukun dalam beragama.

"Bangsa sedang ada masalah, semoga perayaan Imlek yang hikmad bisa menjadi inspirasi bangsa untuk hidup rukun," kata Alfa.

Pewarta:
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015