Tomohon (ANTARA News) - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengalokasikan anggaran sebesar Rp6 miliar untuk membangun infrastruktur Pasar Beriman Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), kata Direktur Utama Perusahan Daerah Pasar Eddy Turang.

"Bantuan kementerian tersebut diberikan kepada dinas perindustrian dan perdagangan Kota Tomohon. Anggaran bersumber dari tugas pembantuan itu akan dialokasikan untuk pembangunan gedung lantai dua," kata Turang di Tomohon, Minggu.

Turang menambahkan, pembangunan gedung yang akan ditempati pedagang saat ini dimulai dalam waktu dekat ini, setelah daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) Kemendag turun.

"Pasti akan melalui proses tender dulu, kita tinggal tunggu DIPA-nya turun. Mudah-mudahan saja prosesnya berlangsung cepat sehingga segera ditindaklanjuti dengan proses pembangunan. Soal lahan tidak ada masalah karena sudah tersedia," ujarnya. Pembangunan gedung bantuan kemendag itu, kata dia, juga diupayakan berjalan bersama-sama dengan pengadaan satu blok bangunan berisi 15 bilik yang penganggarannya diupayakan menggunakan jasa pihak ketiga.

"Jadi akan akan ada bangunan pasar yang direhabilitasi. Bangunan yang tidak menggunakan APBD dan APBN ini akan sambung dengan bangunan pasar segar. Kita terus berupaya melobi pihak ketiga untuk pengadaan bangunan ini," ujarnya.

Menurut dia, apabila sarana dan prasarana pasar memenuhi syarat dan memberikan kenyamanan bagi pedagang dan konsumen bertransaksi, maka akan memberikan motivasi bagi pedagang membayar kewajibannya.

"Pada akhirnya juga retribusi atau pungutan yang ditarik dari pedagang akan dikembalikan lagi untuk penyediaan sarana dan prasarana pasar," ujarnya.

Sebelumnya juga, Kementerian Perdagangan juga memberikan bantuan untuk pembangunan pasar segar yang pembangunannya selesai pada tahun lalu dan akan dimanfaatkan pedagang.



Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015