Genoa, Italia (ANTARA News) - Laga pertemuan dua tim sekota, Sampdoria melawan Genoa, yang lebih dikenal sebagai Derby della Lanterna atau Derby Mercusuar edisi ke-78 di kompetisi Liga Italia Serie A berakhir imbang 1-1 di Stadion Luigi Ferraris, Rabu dini hari WIB.

Sebuah gol yang dicetak penyerang sayap, Iago Falque, sempat membawa tim tamu unggul pada menit 17.

Namun keunggulan tak bertahan lama, sebab dua menit berselang penyerang tuan rumah, Eder, melesakkan gol dengan tendangan kaki kanannya demi menyamakan kedudukan.

Kedudukan imbang bertahan hingga akhir pertandingan, dan Sampdoria boleh merasa lega atas hasil tersebut, mengingat tim tamu bermain lebih dominan yang terlihat dari penguasaan 61 persen bola sepanjang laga dan sedikitnya 17 kali percobaan tembakan dilepaskan.

Satu di antaranya, sebuah tandukan gelandang serang Juraj Kucka pada menit-menit waktu tambahan laga yang mesti diselamatkan oleh tiang gawang yang dijaga Emiliano Viviano.

Berkat itu pula, Sampdoria setidaknya usah khawatir keunggulan catatan kemenangan dalam Derby Mercusuar versi Serie A, dengan 27 kali, bisa didekati oleh Genoa yang baru memperoleh 24 kali saja.

Di sisi lain, hasil seri juga menjaga catatan positif milik Sampdoria yakni tidak terkalahkan dalam laga kandang sepanjang Serie A 2014/2015 yang mereka pegang bersama dengan juara bertahan sekaligus pemuncak klasemen sementara, Juventus, dan pesaing terdekatnya, AS Roma.

Hasil tersebut, membuat kedudukan kedua tim di klasemen sementara Serie A tidak berubah, Genoa di peringkat enam dan Sampdoria tujuh. Keduanya sama-sama mengemas 36 poin dari 24 laga, dan hanya dipisahkan oleh agregat gol, Genoa punya surplus tujuh gol sedangkan Sampdoria hanya tiga saja.

Berikut susunan pemain kedua tim sepanjang laga tersebut sebagaimana dilansir UEFA.com.

Sampdoria (4-3-1-2): Emiliano Viviano (PG); Lorenzo de Silvestri, Matias Silvestre, Alessio Romagnoli, Vasco Regini; Afriyie Acquah, Angelo Palombo (Alfred Duncan), Pedro Obiang; Roberto Soriano (Luis Muriel); Stefano Okaka, Eder (Samuel Eto'o)
Pelatih: Sinisa Mihajlovic

Genoa (3-4-3): Mattia Perin (PG); Facundo Roncaglia, Nicolas Burdisso, Sebastien de Maio; Tomas Rincon, Juraj Kucka, Andrea Bertolacci, Edenilson (Zakarya Bergdich); Iago Falque (Armando Izzo), Diego Perotti, M'Baye Niang (Marco Borriello)
Pelatih: Gian Piero Gasperini

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015