Amsterdam (ANTARA News) - Wakil Ukraina Dnipro Dnipropetrovsk sukses melewati tuan rumah Ajax Amsterdam untuk melangkah ke perempat final Liga Europa walau menelan kekalahan 1-2 di laga kedua babak 16 besar di Amsterdam Arena, Belanda, Jumat pagi WIB.

Adalah gol yang dicetak penyerang sayap Yevhen Konoplyanka menjadi penentu kelolosan Dnipro ke perempat final, sebab berkat gol tersebut mereka memiliki keunggulan gol tandang dibanding Ajax, meski skor agregat mereka sama kuat 2-2.

Gol itu pula yang membuat dua gol lain yang dicetak Riechedly Bazoer dan Mike van der Hoorn untuk Ajax pada menit 60 dan menit 12 babak tambahan kedua seolah tanpa makna.

Hasil naas tersebut juga membuat Belanda mengalami nasib serupa dengan Inggris yang sudah tidak memiliki wakil di kompetisi antarklub Eropa, baik itu Liga Europa maupun Liga Champions.

Tuan rumah sebetulnya tampil ngotot sepanjang laga untuk membayar defisit satu gol.

Namun dari 66 persen penguasaan bola yang mereka miliki, lini serang mereka kurang tajam untuk mengkonversi 14 percobaan tembakan yang mereka lepaskan dan enam di antaranya tepat sasaran untuk menjadi gol.

Serangan demi serangan Ajax baru berbuah gol pada menit 60 saat penyerang muda Bazoer melepaskan sepakan tenang menaklukkan penjaga gawang Denys Boyko setelah merebut penguasaan bola dari kaki pemain belakang lawan, Egidio.

Namun skor 1-0 tak berubah sehingga laga harus dilanjutkan babak tambahan, dan petaka bagi Ajax terjadi pada menit 97, saat Konoplyanka mencetak gol lewat tendangan melengkung.

Bazoer seolah turun derajat dari pahlawan menjadi penyebab kekalahan, pasalnya ia lengah dan penjagaan penuh celah darinya membuat Konoplyanka mudah menusuk ke dalam kotak penalti.

Akan tetapi pasukan besutan Frank de Boer belum mau menyerah, dan hasilnya pemain pengganti Van der Hoorn sukses menyelesaikan bola muntah hasil tendangan Anwar El Ghazi yang membentur mistar gawang pada menit 117.

Namun gol itu terlalu terlambat, dan sisa waktu tiga menit terlalu singkat di tengah daya upaya Ajax meraih tiket ke perempat final.

Berikut susunan lengkap pemain yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut sebagaimana dilansir situs resmi UEFA.

Ajax Amsterdam (4-3-3): Jasper Cillessen (PG); Ricardo van Rhijn, Joel Veltman, Nick Viergever, Nicolai Boilesen (Mike van der Hoorn); Riechedly Bazoer, Davy Klaassen, Daley Sinkgraven (Thulani Serero); Anwar El Ghazi, Arkadiusz Milik, Ricardo Kishna (Kolbeinn Sigthorsson)
Pelatih: Frank de Boer

Dnipro Dnipropetrovsk (4-4-1-1): Denys Boyko (PG); Leo Matos, Douglas, Evgen Cheberyachko, Egidio; Valerii Luchkevich, Jaba Kankava, Valeriy Fedorchuk (Bruno Gama), Yevhen Konoplyanka (Evgen Seleznyov); Roman Bezus (Evgeny Shakhov); Nikola Kalinic
Pelatih: Myron Markevych

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015