Denpasar (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Daerah Bali Inspektur Jenderal Ronny Sompie mengingatkan kepada seluruh simpatisan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) agar ikut menjaga ketertiban dan keamanan selama berlangsung kongres partai berlambang banteng dengan moncong putih itu.

"Kami berharap demikian (ikut jaga ketertiban) tetapi simpatisan mempunyai semangat bergelora. Dari masing-masing simpatisan bisa berkomunikasi dengan perwakilan daerah sehingga mendapatkan pemikiran logis dan relevan," katanya di Denpasar, Rabu.

Mantan Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri itu juga mengingatkan kepada simpatisan baik dari Bali maupun luar Pulau Dewata untuk tidak berbondong-bondong mendatangi lokasi kongres mengingat daya tampung yang terbatas.

"Kami sudah bekerja sama dengan panitia karena mereka sudah melihat daya tampung penginapan dan lokasi tempat pelaksanaan kongres sehingga kami kerja sama untuk mengingatkan para simpatisan untuk tidak berbondang-bondong karena daya tampung terbatas," ujarnya.

Sementara itu terkait potensi gangguan keamanan dan unjuk rasa, jenderal dengan bintang dua itu menjelaskan bahwa pihaknya belum mendapatkan informasi dari intelijen dan Babinkamtibmas terkait aksi unjuk rasa, namun pihaknya tidak ingin kecolongan.

"Kami tidak boleh mengabaikan karena itu operasi kami gelar untuk memastikan kesiapan di samping tahapan yang tidak bisa dengan pencegahan maka penegakan hukum didahului dengan pengendalian massa yang sudah kami siapkan," ucapnya.

Kongres IV PDI-P berlangsung mulai 9-12 April 2015, di Hotel Inna Grand Bali Beach Sanur, Denpasar.

Pertemuan lima tahunan sekali itu diagendakan memilih ketua umum untuk periode lima tahun mendatang dan diperkirakan akan dihadiri ribuan kader dan simpatisan dari seluruh Indonesia.

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015