Bekasi (ANTARA News) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, menyatakan kesiapannya menyediakan sarana dan prasarana sebagai tempat bahkan pusat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016.

"Bahkan kami sudah mengajukan diri siap menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan PON XIX Jawa Barat," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata Kota Bekasi, Encu Hermana, di Bekasi, Jumat.

Dia juga bahkan mengklaim bahwa Kota Bekasi sebagai daerah di Jawa Barat yang paling layak dan siap mendukung suksesnya perhelatan PON itu.

"Kami mendapat dukungan pula dari Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jabar terkait kesiapan PON," katanya.

Lokasi yang diusulkan menjadi tempat penyelenggaraan PON XIX ialah Stadion Patriot di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan.

Stadion Patriot diusulkan menjadi lokasi pembukaan dan penutupan PON XIX, serta penyelenggaraan semifinal dan final cabang olahraga sepakbola.

"Karena memang kapasitas stadion ini representatif untuk mendukung hal-hal tersebut," katanya.

Encu Hermana menyebutkan pula untuk saat ini, pengerjaan Stadion Patriot memang belum sepenuhnya rampung, karena yang sudah ada baru lapangan sepakbola berikut lintasan atletik dan tribun penonton di sisi barat dan timur.

Namun proses pembangunan lanjutan saat ini tengah dimulai dengan pembangunan tribun utara dan selatan.

"PON diselenggarakan bulan Agustus. Rasanya cukup memadai jika menggunakan stadion yang ditargetkan rampung dua bulan sebelumnya itu," katanya.

Selain kehadiran stadion berskala internasional dengan kapasitas tampung 400.000 penonton, hal lain yang juga membuat Kota Bekasi percaya diri mengajukan diri ialah kelengkapan prasarana pendukung lain serta akses transportasi.

Keberadaan hotel-hotel di Kota Bekasi dianggap memadai untuk menampung para atlet serta ofisial yang datang dari sejumlah penjuru tanah air.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015