Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan melakukan lelang jabatan struktural untuk Eselon I dan Eselon II.

"Lelang jabatan ini untuk memenuhi kebutuhan Kementerian BUMN. Kedeputian yang membawahi BUMN itu ada tiga, padahal perusahannya ada 119 dengan aset sekitar Rp4500 triliun, hal itu sangat banyak untuk diurusi oleh tiga orang. Dengan adanya penambahan akan dapat meningkatkan pengawasan," kata Menteri BUMN Rini Soemarno pada saat acara ulang tahun Kementerian BUMN ke-17 di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan lelang jabatan tersebut akan disiapkan bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Prosedur lelang itu akan mengikuti prosedur kementerian lain yang telah melakukan lelang itu.

"Peraturan Presiden sudah keluar, mungkin minggu ini kami sudah mengiklankan ke media massa," kata dia.

Mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan itu mengatakan, kuota untuk Eselon I sebanyak tiga orang dan Eselon II sebanyak enam orang, lelang ini dapat diikuti oleh pegawai negeri sipil dan swasta.

Dia mengatakan pihaknya akan membahas detail pelelangan tersebut dengan para profesional yang mempunyai dedikasi tinggi untuk membangun negeri ini.

Rini juga mengatakan Kementerian BUMN menjadi agen pembangunan di Indonesia.

"Dalam membina dan pengawasan sudah tercapai sejak berdirinya kementerian ini, namun pencapaian paling tinggi adalah bagaimana perusahaan BUMN berada di hati masyarakat Indonesia," kata dia.

Ia berharap dengan penambahan tersebut dapat memperkuat Kementerian BUMN untuk membangun negeri bersama perusahaan BUMN.

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015