Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan Perdana Menteri Rwanda Anastase Murekezi sepakat untuk memperkuat hubungan bilateral di berbagai bidang.

Kesepakatan itu tercapai dalam pertemuan bilateral di sela pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika 2015 di Jakarta Convention Center, demikian keterangan pers Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Kamis.

Penguatan hubungan kerja sama antara Indonesia dan Rwanda yang disepakati kedua pemimpin antara lain di bidang perdagangan, investasi, kerja sama teknis, dan sosial budaya.

Wapres Jusuf Kalla menyambut baik usulan penyelenggaraan "business roundtable" di Jakarta dan pengiriman delegasi tingkat tinggi Indonesia ke Rwanda untuk meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi kedua negara.

Sementara itu, PM Rwanda mengharapkan kerja sama pelatihan pengolahan serat tanaman menjadi produk bernilai tambah dan pengembangan Usaha Kecil Masyarakat (UKM).

Terkait hal itu, Wapres menyampaikan kesediaan Pemerintah Indonesia untuk mengadakan kerja sama teknis dan penguatan kapasitas di sektor pertanian dan pengembangan UKM.

Selanjutnya, di bidang sosial budaya, Pemerintah Indonesia menyampaikan komitmen untuk melanjutkan pemberian beasiswa bagi mahasiswa Rwanda.

Wapres juga menyambut baik rencana Pemerintah Rwanda untuk mengirim rombongan kesenian ke Jakarta dalam rangka memperkenalkan kebudayaan Rwanda kepada masyarakat Indonesia.

Hal tersebut dinilai dapat meningkatkan hubungan antar masyarakat kedua negara.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015