Magelang (ANTARA News) - Hari Buruh Sedunia di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat, diperingati dengan jalan santai yang diikuti sekitar 5.000 buruh beserta keluarga.

Jalan sehat itu dilepas oleh Gubernur Jawa Ganjar Pranowo di Lapangan Kujon, Kecamatan Mungkid. Rute yang ditempuh sekitar 5 kilometer di sekitar kompleks Candi Borobudur.

Usai melepas peserta jalan santai, Ganjar yang didampingi istri, Siti Atikoh Supriyanti, ikut membaur bersama ribuan buruh dari berbagai organisasi pekerja itu.

Slamet selaku koordinator jalan santai menjelaskan bahwa kegiatan memperingati "May Day" di Kabupaten Magelang ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan kebersamaan tripartit dalam rangka mendorong terwujudnya hubungan industrial yang harmonis.

"Para buruh diajak untuk memperingati Hari Buruh Sedunia dengan kegiatan yang positif berupa jalan santai, tidak harus diisi dengan berunjuk rasa di jalan," katanya.

Menurut dia, penyampaian aspirasi dari para buruh tidak harus dilakukan dengan menggelar aksi turun ke jalan untuk berunjuk rasa.

"Jalan sehat dan diskusi seperti ini juga bisa menjadi salah satu cara yang efektif dalam menyampaikan aspirasi dan tuntutan para buruh," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Slamet mengatakan bahwa upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2015 di Kabupaten Magelang sebesar Rp1.255.000.

Sementara itu, salah seorang buruh Pabrik Kopi Podorejo Sukses, Supriyati (38), mengaku senang bisa merayakan "May Day" dengan kegiatan yang lebih positif seperti jalan sehat.

"Tanpa harus berdemonstrasi di jalan, hak saya sebagai buruh telah diberikan dengan baik," katanya.

Pewarta: Wisnu Adhi N
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015