Jakarta (ANTARA News) - Ratusan buruh dengan berbagai kesatuan mulai memadati area Istana Merdeka di Jakarta untuk menggelar aksi memperingati Hari Internasional atau May Day, Jumat.

Buruh yang berasal dari berbagai tempat di Jabodetabek ini mulai berorasi terkait tuntutan meminta upah layak, jaminan kesehatan, dan tuntutan penurunan harga BBM.

Beberapa kesatuan buruh yang beraksi di depan Istana Merdeka itu antara lain SPSI, KSPN, SBSI dan lain-lain.

Rencananya, buruh akan menjadikan Istana Merdeka sebagai titik temu utama dalam aksi May Day. Mereka berharap perwakilannya dapat menemui wakil pemerintah untuk menyampaikan tuntutan-tuntutan mereka.

Kendati demikian, sebelum pukul 12.00 WIB banyak buruh yang berangsur meninggalkan Istana menuju Masjid Istiqlal seperti kesatuan KSPN dan GSPMII.

Rencananya, mereka akan melakikan ibadah sholat Jumat terelbih dahulu. Seusai sholat Jumat mereka akan kembali ke Istana Merdeka guna meneruskan orasi.

Sementara itu, KSPI selain akan berunjuk rasa di Istana Merdeka juga akan melanjutkan aksinya di Gelora Bung Karno guna merayakan May Day Fiesta.

Dalam rangka May Day, sejumlah jalan utama di Jakarta Pusat ditutup untuk kendaraan bermotor seperti area Jalan Medan Merdeka Utara, Medan Merdeka Barat dan MH Thamrin.

Sejumlah titik strategis juga dijaga oleh polisi dan satpol PP.

Selain di Jakarta, aksi May Day juga dilakukan serentak di berbagai kota dengan mulai dari di Aceh, Sumut, Kepri, Lampung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sulsel, Sulut, Gorontalo, Kaltim, Kalsel, Papua dan daerah lainnya.

Massa aksi menuju pusat pemerintahan seperti kantor gubernur, walikota dan bupati masing-masing daerah.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015