Jakarta (ANTARA News) - Negara Iran menjajaki perluasan kerja sama dengan Republik Indonesia di bidang industri, hal tersebut diawali dengan kedatangan Duta Besar Republik Islam Iran Valiollah Mohammadi menemui Menteri Perindustrian Saleh Husin di Jakarta.

"Kami membicarakan banyak peluang kerja sama kedua negara di bidang perindustrian. Jika melihat potensi keduanya, banyak yang bisa dijalin," kata Dubes Valiollah Mohammadi di Jakarta, Jumat.

Dubes Valiollah mengatakan, kedua negara akan membentuk sebuah komite kecil, yang beranggotakan para ahli dari Kedubes Republik Islam Iran dan pihak Kementerian Perindustrian RI, untuk mencari peluang-peluang kerja sama.

"Tugas dari komite tersebut ada dua, pertama menghidupkan kembali bidang kerja sama yang sudah terjalin, dan kedua menjajaki peluang kerja sama baru," kata Dubes Valiollah.

Menurut dia, pihak kedutaan juga akan melibatkan para pengusaha asal Iran untuk berinvestasi dan berkontribusi dalam memajukan perindustrian di Indonesia.

Dubes Valiollah menambahkan, Iran pernah mengerjakan sebuah proyek ketenaga listrikan di Belawan, Medan, Sumatera Utara, yang dinilai sukses.

Untuk itu, lanjutnya, ia yakin akan terjalin kerja sama lain, misalnya di bidang infrastruktur ataupun ketenagalistrikan antara kedua negara di masa yang akan datang.

"Kami berharap ada keamanan investasi di Indonesia. Dan semoga komite kecil tersebut bisa membantu kedua pihak mewujudkan ini," kata Dubes Valiollah.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015