Jakarta (ANTARA News) - Kemenperin pada 2015-2019 bertujuan membangun industri yang tangguh dan berdaya saing melalui penguatan struktur Industri nasional dan peningkatan nilai tambah di dalam negeri.

"Hal ini tentu harus menjadi perhatian, mengingat investasi menjadi salah satu motor pendorong pertumbuhan yang sekaligus menyerap tenaga kerja di sektor industri," kata Menperin dalam siaran pers di Jakarta, Jumat.

Investasi Penanaman Modal Dalam Negeri pada triwulan I/2015 mencapai Rp17,45 triliun atau meningkat sebesar 57,01 persen dari periode yang sama tahun 2014.

Sementara itu, investasi Penanaman Modal Asing (PMA) pada periode yang sama sebesar 2,87 miliar dollar AS atau menurun 17,92 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2013.

Selain itu, membuka kesempatan berusaha dan perluasan kesempatan kerja, serta pemerataan pembangunan industri ke seluruh wilayah Indonesia guna memperkuat dan memperkukuh ketahanan nasional.

Oleh karena itu, Kebijakan dan Strategi Pembangunan Industri dilakukan melalui enam hal, yaitu penetapan industri prioritas; pembangunan sumber daya industri; pemberdayaan industri; pembangunan sarana dan prasarana industri; engembangan IKM; serta perwilayahan industri.

Sedangkan untuk arah kebijakan dan strategi industri manufaktur melalui pengembangan perwilayahan industri, dilakukan dengan fasilitasi pembangunan 14 Kawasan Industri di luar pulau Jawa serta pembangunan 22 Sentra Industri Kecil dan Menengah (SIKIM) yang terdiri dari 11 di Kawasan Timur Indonesia dan 11 di Kawasan Barat Indonesia.

Kemudian, penumbuhan populasi industri, dilakukan dengan menambah sebanyak sembilan ribu usaha industri berskala besar dan sedang dimana 50 persen tumbuh di luar Jawa, serta tumbuhnya Industri Kecil sebanyak 20 ribu unit usaha.

Terakhir, peningkatan daya saing dan produktivitas, yang dilakukan beberapa strategi antara lain peningkatan efisiensi teknis, peningkatan penguasaan IPTE atau inovasi, peningkatan penguasaan dan pelaksanaan pengembangan produk baru oleh industri domestik, serta pembangunan faktor input.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015