Jakarta (ANTARA News) - Ukraina U-20 menjadi juara grup A sekaligus lolos ke 16 besar Piala Dunia U-20 setelah membungkam peringkat kedua Amerika Serikat (AS) 3-0 pada laga yang digelar di Stadion North Harbour Auckland, Selandia Baru, Jumat.

Ukraina menggusur AS dari posisi puncak dengan raihan 7 poin hasil dua kali menang 3-0 atas AS, 6-0 atas Myanmar, dan imbang 0-0 dari Selandia Baru.

Di sisi lain, AS juga lolos ke 16 besar sebagai peringkat kedua hasil dua kemenangan 4-0 atas Selandia Baru, 2-1 dari Myanmar, dan kalah 0-3 dari Ukraina.

Mengutip data pertandingan dari situs resmi FIFA, Ukraina menang besar berkat penampilan apik gelandangn serang Viktor Kovalenko yang mencetak tiga gol ke gawang AS.

Pemain Shaktar Donetsk, Viktor Kovalenko, memborong tiga gol pada menit 56, 74 dan 79.  

Secara statistik Ukraina unggul 54 banding 46 persen penguasaan bola dengan enam sepakan ke gawang sementara AS hanya melepaskan dua tendangan.

Hasil ini memastikan Ukraina sebagai juara grup A akan menghadapi peringkat tiga terbaik di grup C, D dan E.

AS akan menjamu peringkat kedua grup C yang masih diperebutkan antara Kolombia dan Senegal. Sementara Selandia Baru harus bersaing dengan kontestan di grup C dan D untuk menjadi peringkat tiga terbaik untuk melawan Ghana sebagai juara grup B.

Di sisi lain, Myanmar dipastikan pulang karena menjadi yang terbawah di Grup A tanpa satupun kemenangan dan kebobolan 13 gol.

Susunan pemain kedua tim.

Ukraina U-20: Bogdan Sarnavsky, Kacharaba, Mykyta Burda, Chumak, Polehenko, Kabayev, Biesiedin, Luchkevych, Viktor Kovalenko, Edu Sobol, Igor Haratin.

Amerika Serikat U-20: Zack Steffen, Shaquell Moore, Carter-Vickers, Perry-Acosta, Arriola, Hyndman, Bradford Jamieson, Marco Delgado, Palmer-Brown, Zelalem, Jordan Allen.

Pewarta:
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015