Jakarta (ANTARA News) - Ukraina memastikan menjadi juara Grup A Piala Dunia FIFA U-20 di Selandia Baru untuk sekaligus lolos ke 16 Besar bersama Amerika Serikat yang dikalahkankannya pada pertandingan terakhir grup ini hari ini.

Ukraina melibas AS dengan skor telak 3-0, namun AS sudah lebih dulu memastikan lolos ke 16 Besar karena sudah dua kali menang pada dua pertandingan pertama mereka.

Ukraina mengumpulkan 7 poin untuk berada di puncak, sedangkan AS mengemas 6 poin di tempat kedua.

Pada pertandingan lain di grup ini, tuan rumah Selandia Baru menggasak Myanmar 5-1 setelah sempat kebobolan lebih dulu.

Selandia Baru berakhir dengan koleksi 4 poin untuk menempati posisi tiga dan akan berebut tiket 16 Besar dengan enam tim peringkat tiga masing-masing grup yang semuanya hanya diambil empat tim saja.  

Bertanding di Wellington Regional Stadium, Myanmar sempat tampil mengejutkan dengan menciptakan gol lebih dulu dari Aung Thu, namun Noah Billingsley memupus keunggulan Myanmar itu.

Selanjutnya empat gol Selandia Baru dilesakkan ke gawang Myanmar, mulai oleh Monty Patterson, lalu Joel Stevens, kemudian Sam Brotherton dan terakhir Clayton Lewis.

Namun kemenangan besar ini tetap menuntut pendukung tuan rumah menunggu sampai pertandingan terakhir fase grup Minggu pekan ini digelar, untuk menentukan empat tim peringkat tiga terbaik yang berhak maju ke 16 Besar.

Pada pertandingan jam yang sama, trigol luar biasa dari Viktor Kovalenko membawa Ukraina melewati AS untuk memuncaki Grup A, sekaligus lolos ke 16 Besar, demikian laman resmi Piala Dunia U-20.

- Ukraina 3, Amerika Serikat 0
- Selandia Baru 5, Myanmar 1

Klasemen Grup A (main, menang, seri, kalah, poin)

Ukraina    3    2    1    0    7
AS    3    2    0    1    6
Selandia    3    1    1    1    4
Myanmar    3    0    0    3    0

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015