Erni terlambat ambil start
Singapura (ANTARA News) - Target tim kano dan kayak Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) meleset dengan perolehan medali perak atas nama Erni Sokoy pada nomor perlombaan K-1 putri 500 meter SEA Games 2015 yang digelar di Teluk Marina Singapura, Senin.

"Erni terlambat ambil start. Untuk perlombaan jarak kurang dari 1.000 meter atlet harus terus mengejar lawan. Tapi, lawan-lawan Erni tadi memang bagus," kata Manajer Tim Perahu Kano dan Kayak PODSI Hari Sidarta setelah perlombaan di Singapura.

Erni Sokoy yang semula ditargetkan menambah medali emas bagi kontingen Indonesia meraih posisi kedua dengan catatan waktu satu menit 59,986 detik setelah atlet Singapura Jiexian Stephenie Chen.

Tim kano dan kayak Indonesia, lanjut Hari, masih berharap dapat tambahan medali pada nomor perlombaan 200 meter putra dan 200 meter putri demi mencapai target total empat medali emas.

Pelatih tim kano dan kayak Indonesia Muhamad Suryadi mengatakan atlet-atlet perahu kano dan kayak Indonesia masih punya kesempatan untuk memperbaiki kecepatan pada garis start pada perlombaan hari terakhir yang akan digelar pada Selasa (9/6).

"Kami berharap dapat ambil medali pada nomor K-4 putra. Tapi, lawan-lawan hari ini termasuk tuan rumah lebih siap," kata Suryadi.

Perlombaan perahu kano dan kayak, lanjut Suryadi, sering diawali dengan putaran kualifikasi. Tapi, putaran kualifikasi itu tidak diselenggarakan dalam SEA Games ke-28 itu.

"Tapi tetap saja, kami harus banyak berlatih. Atlet-atlet kano dan kayak juga perlu regenerasi terutama dari Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar dari daerah-daerah," kata Suryadi.

Cabang perahu kano dan kayak SEA Games 2015 melombakan tiga nomor pada Senin yaitu K-1 putri 500 meter, K-2 putri 500 meter, K-4 putri 500 meter.

Tim Indonesia meraih medali perunggu pada nomor perlombaan K-2 putri 500 meter atas nama Erni Sokoy dan Masripah. Kedua atlet itu meraih catatan waktu satu menit 49,921 detik.

Erni dan Masripah tertinggal dari wakil Singapura yang meraih catatan waktu satu menit 45,951 detik dan wakil Thailand dengan satu menit 46,571 detik.

Pada nomor perlombaan K-4 putri 500 meter, tim kayak Indonesia harus puas pada peringkat keempat dengan catatan waktu satu menit 44,786 detik dan berada di bawah tim Singapura, tim Thailand, dan tim Vietnam.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015