Samarinda, Kalimantan Timur (ANTARA News) - Tim perahu naga Rusia, berhasil merebut medali emas pada nomor paling bergengsi yakni 500 meter campuran 12 orang antarbangsa, pada The 2nd Mahakam International Dragon Boat Festival (MIDBF) 2015, di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Sabtu.

Tim Moscow Dragon Hill Rusia itu, itu berhasil mengalahkan tim tuan rumah Indonesia, yang diwakili tim PODSI Kutai Kartanegara yang hanya menyabet medali Perak, sementara tim Australia harus puas dengan medali Perunggu.

Sementara, tim Wasaka Kalimantan Selatan, berhasil meraih emas terbanyak dengan empat medali, yakni pada nomor 1.000 meter putra, nomor 1.000 meter putri, nomor 1.000 meter 12 campuran dan 500 meter 22 campuran.

Untuk nomor 1.000 meter 22 campuran dan 500 meter putra, medali emas diraih tim Gajah Mada Jakarta, sedangkan peraih emas di nomor 500 putri adalah tim campuran Rusia dan Australia.

MIDBF 2015 dalam rangka Erau & International Folk Art Festival  (EIFAF) Tenggarong, Kutai Kartanegara itu, ditutup Staf Ahli Pengarusutamaan Pemuda dan Olahraga Kemenpora RI, Adiyati Nurdin.

Adiyati menyambut baik kegiatan internasional yang berakhir sukses dan lancar tersebut. Ia berharap, MIDBF dilaksanakan rutin, setiap tahun.

"Jika tiap tahun dilaksanakan, maka kami harapkan bermunculan atlet muda berbakat yang akan memperkuat Indonesia di ajang internasional," ungkap Adiyati.

Dengan dilaksanakannya MIDBF di Kutai Kartanegara yang didukung Uungai Mahakam, diharapkan Perahu Naga dapat menjadi salah satu cabang olahraga unggulan Kaltim.

Wakil Bupati Kutai Kartanegara HM Ghufron mengatakan, pemerintah setempat memberikan ruang seluas-luasnya bagi para atlet lokal, khususnya cabang dayung, untuk terus mengasah kemampuan.

"Ini sejalan dengan tujuan kami untuk memaksimalkan potensi atlet lokal daerah," ujar Ghufron.

Sementara, perwakilan IDBF Reader ,Philp Roy, dalam sambutannya, berterimakasih atas penyeleggaraan MIDBF 2015 yang berjalan lancar.

Ke depan, dia berharap kegiatan tersebut dapat terlakasana semakin baik dan dihadiri banyak peserta.

MIDBF 2015 itu diikuti 20 tim dari empat negara, yaitu Rusia, Australia, Malaysia, dan Indonesia.

Tuan rumah diwakili beberapa tim dari beberapa provinsi yaitu Jakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah serta beberapa tim dari kabupaten/kota di Kaltim.

MIDBF 2015 yang dilaksanakan 11-13 Juni 2015 itu, dipusatkan di Pualu Kumala, dengan lintasan lomba alur Sungai Mahakam antara pulau wisata itu dengan Jalan Wolter Monginsidi Timbau, Tenggarong.

Tahun ini merupakan yang ke dua kalinya Kutai Kartanegara sebagai tuan rumah MIDBF, setelah 2014 lalu sukses menggelar kegiatan yang pertama sehingga daerah itu telah tercatat sebagai anggota "International Dragon Boat Federation" (IDBF).

"Tercatatnya Kutai Kartanegara sebagai anggota IDBF itu, maka kami bisa melaksanakan MIDBF rutin setiap tahun," ujar Ketua Panitia MIDBF 2015. Junaidi.

Pewarta: Amirullah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015