Jakarta (ANTARA News) - Palang Merah Indonesia (PMI) berterima kasih kepada para pendonor darah pada peringatan Hari Donor Darah Sedunia di Jakarta, Minggu.

Pada acara jalan santai untuk memperingati Hari Donor Darah Sedunia yang bermula dari pintu barat Monumen Nasional dan berakhir di depan Sarinah di Jalan MH Thamrin hingga ke depan Sarinah, para peserta aksi membagikan bunga sebagai tanda terima kasih kepada para pendonor.

Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang juga Ketua Umum PMI, mengatakan hari ini adalah waktu untuk berterima kasih kepada masyarakat yang dengan tulus membantu sesama manusia dengan mendonorkan darahnya.

"Wajarlah kita berterima kasih kepada semua. Penduduk kita 250 juta, tiap tahun kita butuh lima juta kantong darah, karena itu PMI dan seluruh aparatnya di Indonesia harus bekerja keras mendorong masyarakat menyumbangkan darah," kata Wakil Presiden.

Wakil Presiden ikut berjalan santai bersama warga dalam acara bertema "Terima Kasih Telah Menyelamatkan Nyawaku" yang ditujukan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah yang aman tersebut.

Dia juga mencanangkan gerakan desa donor darah untuk menyosialisasikan aksi donor darah hingga ke desa-desa.

Selain itu PMI menerima lima unit mobil donor darah sumbangan dari Freeport yang akan ditempatkan di sejumlah wilayah seperti Papua, Jakarta, dan Jawa Timur.

"Saya berterima kasih dan tentu kita harapkan ini menjadi contoh yang baik. Kita punya 110 unit mobil donor darah seperti ini dan akan kita tambah terus," kata dia.

"Mobil donor darah tersebut sejatinya dimanfaatkan untuk masyarakat, karena pada dasarnya dari masyarakat untuk masyarakat, karena kekurangan darah bisa terjadi pada siapa saja," tambah dia.


Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015