Jakarta (ANTARA News) - Spanyol hanya mampu menang dengan skor tipis 1-0 atas Belarusia pada laga grup C Kualifikasi Piala Eropa 2016 di Stadion Borisov Arena, Belarusia, Senin dini hari WIB.

Spanyol yang bermain menyerang sejak awal babak pertama baru bisa membobol gawang Belarusia melalui sontekan David Silva di menit 45.

Gol itu bermula dari pergerakan Cesc Fabregas dari sayap kiri kemudian melepaskan bola melambung kepada Silva yang tidak terkawal di depan kotak penalti. Skor 1-0 menutup babak pertama.

Pada babak kedua Belarusia mencetak gol dari tendangan Volodko namun dianulir wasit karena dianggap telah offside.

Belarusia kembali mengancam Casillas melalui sepak pojok yang disambut sundulan Bordachev namun tidak berbuah gol di menit 56.

Menit 65 Febregas melepaskan tendangan jarak jauh namun bola justru mengarah ke samping gawang Gorbunov.

Gelandang Manchester City David Silva kembali melancarkan serangan di menit 84 namun sepakannya ditepis Gorbunov.

Pada menit 90 Spanyol punya dua peluang dari Isco dan Morata namun sontekan keduanya tidak berbuah gol sehingga skor 1-0 tidak berubah hingga laga selesai.

Statistik UEFA mencatat Spanyol sangat mendominasi pertandingan dengan melepaskan 22 tendangan sementara Belarusia hanya empat sepakan ke gawang.

Kendati menang namun Spanyol tetap di peringkat dua klasemen grup C dengan 15 poin, tertinggal tiga angka dari pemimpin grup Slovakia yang memiliki 18 poin.

Susunan pemain kedua tim dilansir dari situs resmi UEFA:

Belarusia (4-4-2) : Gorbunov; Martynovich, Shitov, Bordachev, Filipenko, Hleb (Putilo), Volodko (Stasevich), Kislyak (Dragun), Nekhaychik, Maevski, Kornilenko

Spanyol (4-3-3) : Casillas; Juanfran, Ramos, Pique, Alba; Busquets, Cazorla, Fabregas (Isco); Silva (Bernat), Morata, Pedro (Vitolo).

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015