Santiago, Chile (ANTARA News) - Tuan rumah Piala Amerika 2015, Chile, menghancurkan lawan mereka di laga pamungkas penyisihan Grup A, Bolivia, dengan skor akhir 5-0 di Estadio Nacionalde Chile, Sabtu pagi WIB.

Berkat kemenangan tersebut Chile keluar sebagai Juara Grup A dengan total raihan tujuh poin dari dua kemenangan dan satu hasil imbang dalam tiga laga penyisihan yang mereka lakoni, serta lolos ke babak perempat final.

Sementara Bolivia yang finis di urutan kedua dengan raihan empat poin bakal menemani Chile ke babak perempat final.

Pemain sayap Chile, Charles Aranguiz, mencetak dua gol, satu di antaranya hanya membutuhkan waktu dua menit sejak tendangan pertama laga dilakukan.

Aranguiz mencetak gol pembuka memanfaatkan bola yang disodorkan Eduardo Vargas untuk menaklukkan penjaga gawang Romel Quinonez.

Meski unggul, Chile terus berusaha melancarkan serangan, namun tendangan bebas Alexis Sanchez membentur tiang kiri gawang pada menit 19.

Bolivia yang terus berada di bawah tekanan juga sempat memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan, namun upaya Ricardo Pedriel menyelesaikan umpan silang Pablo Escobar masih bisa dihalau barisan pertahanan Chile.

Menit 37, Sanchez akhirnya berhasil menggandakan keunggulan untuk Chile setelah menanduk bola yang dikirimkan Jorge Valdivia.

Usai turun minum, kedua tim segera melakukan empat pergantian pemain, Matias Fernandez dan Angelo Henriquez untuk Arturo Vidal dan Alexis Sanchez di kubu Chile, sementara di kubu Bolivia Marvin Bejarano dan Damir Miranda untuk Edemir Rodriguez dan Walter Veizaga.

Aranguiz mencetak gol keduanya dalam laga tersebut setelah melakukan sontekan jarak dekat untuk menyelesaikan bola umpan dari Henriquez pada menit 66 sekaligus membuat kedudukan menjadi 3-0 untuk Chile.

Menit 79, Chile kian menjauh dari kejaran Bolivia saat pemain bertahan Gary Medel menyelesaikan umpan kiriman Valdivia.

Petaka Bolivia semakin diperburuk saat bek mereka, Ronald Raldes, mencetak gol bunuh diri empat menit jelang akhir laga.

Berikut susunan pemain yang akan diturunkan kedua tim dalam laga tersebut seturut laman resmi CONMEBOL:

Chile (4-1-2-1): Claudio Bravo (PG); Mauricio Isla, Gary Medel, Gonzalo Jara (David Pizarro), Jean Beausejour; Marcelo Diaz; Charles Aranguiz, Arturo Vidal (Matias Fernandez); Jorge Valdivia; Eduardo Vargas, Alexis Sanchez (Angelo Henriquez)
Pelatih: Jorge Sampaoli

Bolivia (4-4-1-1): Romel Quinonez (PG); Edemir Rodriguez (Marvin Bejarano), Ronald Raldes, Cristian Coimbra, Leonel Morales; Ricardo Pedriel, Alejandro Chumacero, Walter Veizaga (Damir Miranda), Martin Smedberg-Dalence; Pablo Escobar (Damian Lizio); Marcelo Moreno
Pelatih: Mauricio Soria

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015