Macau, Tiongkok, 22 Juni 2015 (Antara) – PT HM Sampoerna Tbk.(Sampoerna), melalui payung program CSR ‘Sampoerna untuk Indonesia’, mendapatkan kehormatan dinobatkan sebagai pemenang dua kategori, yaitu Social Empowerment dan Responsible Business Leader dalam ajang Asia Responsible Entrepreneurship Awards (AREA) 2015, sebuah penghargaan tanggung jawab sosial/Corporate Social Responsibility (CSR) internasional tahunan bergengsi yang diselenggarakan oleh Enterprise Asia di Macau pada tahun ini.

“Pencapaian ini melambangkan bukan hanya pengakuan terhadap investasi CSR yang telah kami lakukan selama ini, melainkan juga dorongan untuk melanjutkan dan terus meningkatkan program-program CSR Sampoerna tersebut. Tentunya, kami sangat bangga telah memenangkan dua penghargaan pada ajang AREA yang bergengsi ini,” ujar Paul Janelle, President Director PT HM Sampoerna Tbk. Seluruh program CSR dan kontribusi Sampoerna dijalankan di bawah payung program 'Sampoerna untuk Indonesia’. Inisiatif ini mencakup empat pilar utama, yaitu Akses terhadap Pendidikan, Peluang Ekonomi, Pemberdayaan Perempuan, serta Tanggap Bencana dan Kesiapsiagaan, yang juga merupakan landasan bagi para karyawan Sampoerna untuk berkontribusi terhadap masyarakat.

“’Sampoerna untuk Indonesia’ didirikan dengan satu tujuan utama, yaitu untuk memajukan masyarakat Indonesia melalui beragam kegiatan tanggung jawab sosial dimana Sampoerna beroperasi dan menjalankan kegiatan usaha, baik melalui pemberdayaan ekonomi atau pemberdayaan masyarakat secara umum.”

Selain itu, Sampoerna mengoperasikan Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC), yang telah memfasilitasi berbagai pelatihan untuk lebih dari 22.000 peserta, serta menciptakan sekitar 3.300 usaha kecil dan menengah di Indonesia sejak pertama kali didirikan pada tahun 2007. Sampoerna juga telah membentuk Tim Sampoerna Rescue (SAR) pada tahun 2002 untuk melakukan misi kemanusiaan dengan memberikan bantuan terhadap sejumlah bencana yang terjadi di Indonesia.

“Sampoerna percaya bahwa kinerja perusahaan yang berkesinambungan tidak hanya diukur dari perkembangan dan kinerja finansial, melainkan juga diukur dari bagaimana kami berkontribusi terhadap masyarakat luas. Perolehan dua penghargaan AREA 2015 telah memberikan motivasi bagi kami untuk melanjutkan dan terus meningkatkan apa yang telah Sampoerna lakukan bagi masyarakat luas,” tambah Paul. “Tidak hanya itu, kami berharap prestasi ini juga dapat menginspirasi para pelaku bisnis lainnya untuk ikut serta dalam mempromosikan perubahan positif di masyarakat, hal yang kami lakukan secara terbuka melalui kerja sama dengan semua pemangku kepentingan terkait.”

Dikenal sebagai penghargaan CSR paling bergengsi di Asia, Asia Responsible Entrepreneurship Awards diadakan untuk memberikan penghargaan bagi perusahaan yang menghadirkan produk, jasa, proyek, dan program unggulan, inovatif dan berkelas dunia. Penghargaan diberikan dalam lima kategori untuk perusahaan dan satu untuk kategori perorangan. Program-program ini menunjukkan kepemimpinan, ketulusan, dan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam menghadirkan nilai tanggung jawab dan etika, kepatuhan terhadap hukum, kepedulian terhadap isu kesehatan, rasa hormat terhadap masyarakat dan perseorangan, keterlibatan dalam komunitas dan perlindungan lingkungan dalam menjalankan perusahaan1. AREA 2015 dengan ketat menyeleksi sejumlah organisasi pemenang yang terpilih setiap tahunnya, termasuk Sampoerna.

1 Sambutan William Ng, President of Enterprise Asia, Program Asia Responsible Entrepreneurship Awards 2015.

 
Sekilas tentang PT HM Sampoerna Tbk.
PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) berdiri pada tahun 1913 dengan kegiatan utama memproduksi dan menjual rokok. Dji Sam Soe dan A Mild merupakan merek utama Sampoerna di segmen premium, sedangkan merek Sampoerna Kretek bersaing pada segmen harga menengah. Sampoerna merupakan perusahaan afiliasi Philip Morris  International Inc. (PMI). Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi: www.sampoerna.com

Sekilas tentang Sampoerna untuk Indonesia
Sampoerna untuk Indonesia (SUI) adalah bentuk komitmen perusahaan dalam berinvestasi sosial yang bertanggung jawab dan berkelanjutan guna memberikan manfaat nyata bagi karyawan, lingkungan serta masyarakat dimana PT HM Sampoerna Tbk. beroperasi. Rangkaian program SUI bertujuan untuk memajukan Bangsa dan masyarakat Indonesia, sekaligus untuk memberikan inspirasi dan motivasi bagi masyarakat agar dapat melakukan yang terbaik bagi dirinya sendiri dan bangsa Indonesia. Kegiatan dan program SUI mencakup Akses terhadap Pendidikan, Peluang Ekonomi, Pemberdayaan Perempuan, Tanggap bencana dan Kesiapsiagaan, serta kegiatan kontribusi lain yang dilakukan oleh perusahaan.


Untuk informasi lebih lanjut, hubungi: Muhamad Heikal Manager Corporate & External Communications PT HM Sampoerna Tbk.
Tel: (021) 515 12 34 Faks: (021) 515 22 34  Email: Muhamad.Heikal@sampoerna.com

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2015