Bila tahun-tahun sebelumnya apel kesiapan dua minggu sebelum Lebaran, tahun ini kita percepat, seminggu puasa. Lebih cepat lebih baik
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memimpin apel kesiapan jaringan selular dan penyiaran dalam menyambut Idul Fitri 1436 H.

"Bila tahun-tahun sebelumnya apel kesiapan dua minggu sebelum Lebaran, tahun ini kita percepat, seminggu puasa. Lebih cepat lebih baik," kata Rudiantara di hadapan peserta upacara.

Apel kesiapan jaringan dan penyiaran dilaksanakan di halaman Kementerian Komunikasi dan Informatika sekitar pukul 13.30 WIB dan diikuti oleh perwakilan operator dan jaringan selular serta lembaga dan organisasi penyiaran.

Kesiapan jaringan selular dibutuhkan terutama menghadapi lonjakan penggunaan data baik untuk suara, pesan maupun internet yang melonjak saat Lebaran.

Begitu pula memastikan kualitas pelayanan jaringan agar para pemudik tidak mengalami gangguan dalam berkomunikasi dan memperoleh informasi via internet.

Selain itu juga kesiapan dalam penyiaran baik oleh lembaga penyiaran seperti TVRI dan RRI juga organisasi lainnya terutama untuk memberikan informasi seputar lebaran.

Dalam apel tersebut, juga diberangkatkan para penguji drive test dari Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) yang akan melaksanakan uji petik di sepanjang jalur para pemudik. Drive test tersebut nantinya memastikan kualitas jaringan selular di rute tersebut. Termasuk di antaranya di tol baru seperti tol Cipali.

Selain itu juga penguji stationery test. Mereka akan menguji kualitas pelayanan di tempat-tempat keramaian seperti stasiun, bandara dan pelabuhan.

"Mudah-mudahan kita di sektor TIK termasuk lembaga penyiaraan bisa melayani masyarakat yang mudik di tahun 2015 ini," kata Menteri.

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015