Pekalongan (ANTARA News) - Sejumlah jalur alternatif di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, layak dilalui oleh pemudik Lebaran 2015 karena kondisi jalan sudah mulus setelah belum lama ini selesai diperbaiki.

Wali Kota Pekalongan, Basir Achmad di Pekalongan, Rabu, mengatakan bahwa sejumlah jalur alternatif yang beberapa waktu lalu masih dalam perbaikan kini sudah siap di lalui kendaraan.

"Jika di jalur pantai utara arus lalu lintas kendaraan sedang macet, kami imbau pemudik bisa melalui jalur alternatif," katanya.

Dua ruas jalur alternatif yang sudah siap dilalui kendaraan pemudik, kata dia, antara lain Jalan Ki Manggun Sarkoro, Pekalongan Timur dan Gatot Subroto Kecamatan Pekalongan Selatan.

"Kami jamin semua jalur alternatif siap dilalui karena kondisi jalan sudah mulus agar pemudik atau pengguna jalan lainnya lebih nyaman berkendaraan," katanya.

Menurut dia, persiapan menyambut Lebaran 2015 ini sekaligus menjalankan program unggulan Gubernur Ganjar Pranowo dalam menciptakan gerakan Jawa Tengah tanpa lubang di jalan.

"Setelah melaui beberapa rapat koordinasi dengan kepolisian, kami siap memberikan pelayanan pada pemudik Lebaran agar lebih nyaman berkendaraan di jalan raya," katanya.

Sekretaris Daerah Kota Pekalongan, Dwi Arie Putranto mengatakan masyarakat diminta berpartisipasi menjaga ketertiban dan keamanan di jalan raya dengan tidak merusak atau melanggar barikade-barikade yang telah dipasang di sepanjang jalur pantura selama Lebaran.

"Barikade tersebut dipasang guna memberikan pengamanan agar arus lalu lintas kendaraan dapat berjalan secara tertib dan aman,"" katanya.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015