London (ANTARA News) - Novak Djokovic akan menjadi petenis yang mengawali laga semifinal turnamen Wimbledon, pada Jumat, melawan Richard Gasquet sebelum menuju putaran final melawan pemenang pertandingan antara Roger Federer dan Andy Murray.

Juara bertahan Djokovic akan membawa rekor pertemuan 11-1 melawan Gasquet dalam laga semifinal pertandingan Wimbledon ketujuh petenis Serbia itu, lapor AFP.

Gasquet, sebagai petenis unggulan 21, sukses menyingkirkan juara Prancis Terbuka Stan Wawrinka dalam lima set untuk meraih putaran semifinal Wimbledon keduanya sejak delapan tahun terakhir.

"Tentu saja sebuah pengalaman berada pada tahapan-tahapan final Wimbledon beberapa kali akan membantu saya untuk menjalaninya dengan jalan yang sesuai," kata Djokovic yang juga juara Australia Terbuka serta Wimbledon pada 2011.

Karir Djokovic dalam Grand Slams sempat terpuruk pada final Prancis Terbuka oleh Wawrinka. Tapi, Djokovic berada jauh dari petenis asal Swiss itu dalam pencarian gelar Grand Slams kesembilan.

Gasquet sempat memenangkan pertandingan atas Djokovic pada Piala Masters 2007 ketika dia dikalahkan petenis nomor satu dunia dalam putaran keempat Prancis Terbuka Juni, dengan kemenangan enam game.

Sementara, petenis favorit Federer akan menghadapi Murray untuk gelar Grand Slam ke-24 saat petenis Skotlandia itu berusaha merebut final Wimbledon ke-10.

Federer yang menjadi petenis unggulan kedua sekaligus juara tujuh kali mampu menang tipis 12-11 dari perseteruan abadinya dengan Murray.

Federer, pada usia 33 tahun, berharap menjadi juara tertua pada Era Terbuka pada Klub All England. Dia juga muncul sebagai petenis unggulan pada final Amerika Serikat Terbuka 2008, pada final Australia Terbuka 2010, dan pada 2014 di Melbourne pada perempat final.

Murray, bintang tenis junior Swiss selama lima tahun, memenangkan satu-satunya pertandingan melawan Federer pada Grand Slams, pertandingan semifinal dengan lima set di Australia pada 2013.

"Ada banyak pertandingan saya dengan Andy. Saya kira dia akan mengejar untuk Wimbledon pertamanya pada 2012. Maka, pertandingan nanti akan menjadi pertandingan yang sengit. Dia telah kehilangan banyak gelar sebelumnya," kata Federer.

Federer telah memenangkan tiga pertemuannya dengan Murray, termasuk kemenangan 6-1, 6-0 pada Final World Tour dalam pertemuan terakhir mereka pada akhir 2014.

(Uu.I026/T004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015