Sungai Raya, Kalbar (ANTARA News) - Sejumlah maskapai penerbangan yang ada di Bandara Supadio Pontianak, Kalimantan Barat, mulai mengajukan penambahan penerbangan pada H-7 Lebaran tahun ini.

"Ada tiga maskapai yang sudah menambah jam terbang di antaranya Lion Air yang menambah satu penerbangan, Sriwijaya satu penerbangan dan Kalstar sebanyak dua penerbangan," kata Petugas Bagian Posko Lebaran PT Angkasa Pura II Cabang Supadio Pontianak, Sahara, di Sungai Raya, Jumat.

Dia menjelaskan, penambahan jam terbang tersebut diberlakukan tanggal 1 sampai 17 Juli mendatang.

Sementara itu, untuk memaksimalkan layanan di Bandara Supadio, Angkasa Pura II telah meningkatan perawatan rutin pada berbagai instrumen penerbangan. Bahkan, aktivitas di bandara itu dibuka hingga pukul 22.00 Wib, sampai penerbangan terakhir.

"Selama bulan Ramadan ini, kita juga menyediakan takjil bagi para pengguna jasa penerbangan, saat jam berbuka puasa. Ini sudah kita lakukan selama bulan Ramadan," tuturnya.

Sahara menambahkan, dari pantauannya di lapangan, jumlah penumpang hingga H-7 Lebaran, belum naik berarti, dimana sejak awal bulan Juli lalu, jumlah penumpang yang ada kurang lebih 4000 orang per hari.

"Tujuan terbanyak saat ini adalah Jogjakarta dan Jakarta. Kita prediksikan peningkatan penumpang baru akan terjadi pada H-3 Lebaran, namun tidak akan meningkat drastis," katanya.

Dia menambahkan, mulai hari ini, PT Angkasa Pura II cabang Bandara Supadio Pontianak juga sudah membuka Posko Lebaran. Demikian dengan petugas Kepolisian dan Kesehatan juga disediakan posko khusus untuk meningkatkan layanan terhadap penumpang.

"Di Posko Lebaran ini, kita memberikan berbagai informasi kepada penumpang dan pengguna jasa penerbangan. Kita juga menyiapkan layanan Costumer Service Mobile, dimana ada petugas wanita yang bertugas keliling untuk memberikan informasi penerbangan kepada penumpang," kata Sahara.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015