Jakarta (ANTARA News) - Senior Manager Humas PT KAI Daop I Jakarta Bambang Setiyo Prayitno memperkirakan jumlah kedatangan pemudik di Stasiun Pasar Senen pada H+4 atau empat hari setelah perayaan Idul Fitri 1436 Hijriah masih akan mengalami peningkatan.

"Diperkirakan jumlah pemudik yang tiba di Stasiun Pasar Senen pada H+4 ini masih ramai, mengingat seluruh tiket sudah terjual habis sampai H+8 Lebaran," kata Bambang di Stasiun Pasar Senen, JJakarta Pusat, Rabu.

Menurut dia, terhitung sejak pukul 00.27 hingga 11.18 WIB, di Stasiun Pasar Senen tercatat sebanyak 20 kedatangan kereta dengan total penumpang secara keseluruhan mencapai 13.356 orang.

"Seperti H+1, H+2 dan H+3 Lebaran, pada H+4 ini pun jumlah kedatangan penumpang di Stasiun Pasar Senen masih akan terus bertambah, dengan rata-rata per hari sekitar 20.000-an penumpang," tutur Bambang.

Berdasarkan data dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero), jumlah penumpang di Stasiun Pasar Senen pada H+1 Lebaran sebanyak 20.246 orang, pada H+2 sebanyak 20.969 orang dan pada H+3 sebanyak 21.749 orang.

"Jadi, mulai hari ini diperkirakan arus penumpang menuju ke timur (mudik) akan terus berkurang, dan berganti dengan arus kedatangan (balik). Namun secara umum, kondisi arus mudik maupun arus balik lancar, aman dan terkendali," ungkap Bambang.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Antara di lapangan, saat ini terlihat masih cukup banyak penumpang yang baru tiba di Stasiun Pasar Senen. Di saat bersamaan, banyak pula penumpang yang baru hendak mudik ke kampung halaman, namun jumlahnya tidak sebanyak pada saat sebelum Lebaran.

Berdasarkan informasi dari Posko Humas Stasiun Pasar Senen, kereta terakhir yang akan datang pada hari ini, yaitu Kereta Bengawan dari Purwosari yang tiba pukul 23.58 WIB.

Sedangkan kereta terakhir yang akan diberangkatkan adalah Kereta Tawang Jaya dengan tujuan Pasar Senen-Semarang Poncol yang berangkat pukul 23.00 WIB.

Pewarta: Cornea K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015