Panglima TNI mutasi jabatan strategis TNI

Panglima TNI mutasi jabatan strategis TNI

Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Jakarta (ANTARA News) - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo melakukan mutasi besar-besaran terhadap beberapa jabatan strategis di lingkungan TNI, di antaranya Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Pangdam Jaya, Danjen Kopassus, Pangkostrad, Kepala Badan Intelijen Strategis TNI, dan Komandan Kodiklat TNI.

Keterangan yang diperoleh Antara dari Puspen TNI, di Jakarta, Senin, menyatakan, pergantian jabatan itu berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/593/VII/2015 tanggal 25 Juli 2015, tentang Pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

Letjen TNI Muhammad Munir yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kepala Staf TNI AD (Wakasad) menjadi Pati di Mabes TNI akan digantikan oleh Mayjen TNI Moh Erwin Syafitri yang sebelumnya menjabat Kabais TNI, Letjen TNI Lodewijk Freidrich Paulus dari Dankodiklat TNI AD menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun) dan akan digantikan oleh Mayjen TNI Agus Sutomo yang sebelumnya menjabat Pangdam Jaya, Pangkostrad yang sebelumnya dijabat oleh Jenderal Mulyono (saat ini KSAD) digantikan oleh Mayjen TNI Edy Rahmayadi dari Pangdam I/Bukit Barisan.

Mayjen TNI Doni Munardo dari Danjen Kopassus menjadi Pangdam XVI/Patimura dan akan digantikan oleh Brigjen TNI Muhammad Herindra yang sebelumnya menjabat sebagai Kasdam III/Siliwangi.

Mutasi jabatan juga dilakukan terhadap puluhan pati TNI AD lainnya, seperti Mayjen TNI Yayat Sudrajat dari Aspam Kasad menjadi Kabais TNI, Mayjen TNI Mochamad Fuad Basya dari Kapuspen TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Mayjen TNI Endang Sodik M.B.A. dari Pa Sahli Tk. III Bidang Banusia Panglima TNI menjadi Kapuspen TNI.

Mayjen TNI Ngakan Gede Sugiartha G dari Aster Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Mayjen TNI Wiyarto dari Pangdam XVI/Ptm menjadi Aster Panglima TNI, Mayjen TNI Iskandar M. Sahil dari Pangdam II/Swj menjadi Staf Khusus Kasad, Mayjen TNI Purwadi Mukson dari Wadan Kodiklat TNI AD menjadi Pangdam II/Swj, Mayjen TNI Agung Risdhianto dari Danseskoad menjadi Wadan Kodiklat TNI AD, Mayjen TNI Eko Wiratmoko dari Pangdam V/Brw menjadi Sesmenko Polhukam, Mayjen TNI Sumardi dari Gubenur Akmil menjadi Pangdam V/Brw,

Mayjen TNI Harry Purdianto dari Danjen Akademi TNI menjadi Staf Khusus Panglima TNI, Mayjen TNI Bayu Purwiyono dari Pangdam IV/Dip menjadi Danjen Akademi TNI, Mayjen TNI Jaswandi dari Aspers Kasad menjadi Pangdam IV/Dip, Mayjen TNI Arief Rachman dari Staf Khusus Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Mayjen TNI Prihadi Agus Irianto dari Koorsahli Kasad menjadi Staf Khusus Kasad, Mayjen TNI Unggul Kawistoro Yudhoyono dari Danpuspomad menjadi Staf Khusus Kasad.

Brigjen TNI Pratimun dari Wadan Seskoad menjadi Danseskoad, Brigjen TNI Hartomo dari Danpusintelad menjadi Gubernur Akmil, Brigjen TNI Heboh Susanto dari Danpussenarhanud Kodiklat TNI AD menjadi Aspers Kasad, Brigjen TNI Ali Imron Kadir dari Bandep Pertahanan dan Keamanan Setjen Wantannas menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Santoso dari Staf Khusus Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Musa Bangun dari Pati Ahli Kasad Bidang Hukum menjadi Koorsahli Kasad.

Brigjen TNI Herman Asaribab dari Wadanpusenif Kodiklat TNI AD menjadi Wadan Seskoad, Brigjen TNI Dodik Widjanarko, S.H. dari Wadan Puspomad menjadi Danpuspomad, Brigjen TNI Adi Widjaya dari Irben Itjenad menjadi Pati Mabes TNI AD, Brigjen TNI Binarko Sugihantyo dari Danrem 131/Stg (Manado) Kodam VII/Wrb menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Fakhrudin dari Pati Ahli Kasad Bidang Ekonomi menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Rudiono Edi dari Kadislitbangad menjadi Pati Ahli Kasad Bidang Ekonomi.

Selain itu, Brigjen TNI Deliaman Th. Damanik dari Staf Khusus Kasad menjadi Kadislitbangad, Brigjen TNI Rukman Ahmad dari Kasdam VII/Wrb menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Kurnia Dewantara dari Waaspers Kasad menjadi Kasdam VII/Wrb, Brigjen TNI Ibnu Darmawan dari Irum Itjenad menjadi Aspam Kasad, Brigjen TNI Edy Nasution dari Ir Kodiklat TNI menjadi Irum Itjenad, dan Kolonel Inf Herianto Syahputra dari Danrem 132/Tdl (Palu) Kodam VII/Wrb menjadi Danpusintelad.

Kadispenum Puspen TNI Kolonel Czi Berlin G, mengatakan, pemutasian itu dalam rangka pembinaan organisasi TNI guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang sangat dinamis dan semakin berat ke depan.

"TNI terus melakukan upaya peningkatan kinerja TNI melalui mutasi dan promosi Jabatan Personel di tingkat Strata Perwira Tinggi (Pati) TNI sehingga kinerja TNI ke depan lebih optimal," katanya.

Pewarta:
Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar