Dukungan klub demikian penting bagi saya. Hanya saja anda tahu bahwa profesi ini benar-benar menuntut apa hasil kerja anda
West Bromwich (ANTARA News) - Kehormatan yang membuat pelatih West Bromwich Albion (WBA) Tonny Pulis terpaksa berhitung secara seksama karena lawan yang kali ini dihadapi di laga perdana justru Manchester City di bawah asuhan pelatih Manuel Pellegrini.

West Brom akan menantang Manchester City dalam laga Liga Inggris (EPL) musim kompetisi 2015/16 yang digelar di Stadion Hawthorns pada Senin waktu setempat, atau Selasa dini hari, pukul 02.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh BEIN Sports 3.

Sebagai pelatih kedua tim, baik Pulis mapun Pellegrini sama-sama melambungkan asa ingin meraih hasil terbaik. Pelatih West Brom itu ingin menyaksikan mentas tidaknya duet Rickie Lambert dan Saido Berahino di lini depan.

Pellegrini juga dihadapkan kepada pembuktikan bahwa gagasan yang dijejalkan benar-benar bertuah atau tidak. Publik memfokuskan diri kepada rekrutan anyar nan mahal The Citizens dalam diri Rahim Sterling.

Pulis dan Pellegrini berkaca kepada hukum kehidupan bahwa tak selamanya segudang ide atau segunung gagasan berbuah hasil memuaskan. Semuanya terpulang kepada cara menyampaikan gagasan dan rapih tidaknya struktur pemikiran yang disampaikan kemudian dicerna oleh seluruh penggawa.

Sterling digadang-gadang mampu memberi efek menyengat ketika menghadapi lawan. Hanya saja harapan ini terkesan dipaksakan dan bernuansa instan saja. Yang diperlukan skuat City satu saja yakni kerja sama yang padu, bukan justru siapa yang lebih unggul dari yang lainnya.

Bagi Pulis, tinggal menanti bukti apakah ia memberi perspektif segar kepada seluruh anak asuhannya karena lawan yang dihadapi kali ini Manchester City yang dihuni sederet pemain nomor wahid.

Di lini pertahanan West Brom, Joleon Lescott belum tentu memperkuat The Baggies, meski ia dapat saja pulih dari cedera. Lambert, James McClean dan James Chester bakal mengukir debut mereka melawan City.

Duo City Gael Clichy dan Fabian Delph bakal absen karena keduanya mengalami cedera engkel dan cedera hamstring. Hanya saja David Silva, Samir Nasri dan Sergio Aguero baru pulih dari cedera dan siap tampil merangsek lini pertahanan West Brom.

Komentar dua pelatih:

* Tony Pulis (West Bromwich Albion):

"Saya senantiasa bekerja dengan bahan-bahan yang memang sudah tersedia (di klub ini) dan siap saya oleh. Ini senantiasa filosofi saya, yakni coba mengoloh segala sesuatunya. Klub ini telah tertata rapi. Kami tidak perlu melakukan banyak perubahan, meski memang masih memerlukan perbaikan dan penambahan sana-sini."

* Manuel Pellegrini (Manchester City):
"Sangat penting bagi klub untuk menunjukkan hasil kerjanya selama ini demi tegaknya kepercayaan publik. Dukungan klub demikian penting bagi saya. Hanya saja anda tahu bahwa profesi ini benar-benar menuntut apa hasil kerja anda."

"Bagi saya, bermodal tim yang lengkap dan tim yang besar tentunya diharapkan anda beroleh kemenangan. Anda tidak akan mengatakan musim kompetisi ini berjalan baik jika anda tidak memperoleh apa-apa."

"Saya melewati musim lalu dengan segala macam spekulasi. Saya tidak sedang bicara mengenai Pep Guardiola. Timnya berharap agar dia terus melatih mereka, karena ia manajer yang mumpuni."

Prakiraan susunan pemain:

* West Brom (4-4-2):

Myhill (penjaga gawang), Brunt, Olssson, McAuley, Chester, Morrisoon, Yacob, Fletcher, McClean, Berahino, Lambert
Pemain cadangan:
Daviddson, Gamboa, Lescott, Gardner, McNamanan, Sessegnon, Anichebe

* Manchester City (4-2-3-1):
Hart (penjaga gawang), Zabaleta, Kompany, Mangala, Kolarov, Fernandinho, Toure, Navas, Silva, Sterling, Aguero
Pemain cadangan:
Caballero, Sagna, Demichelis, Fernando, Zucullini, Nasri, Bony
Absen: Delph, Clichy (cedera)  
       
Data dan fakta:
* Man City meraih tujuh kemenangan ketika melawan West Brom di seluruh kompetisi.
* Man City meraih kemenangan dalam enam laga terakhir di ajang Premier League.
* Man City mencetak sekurang-kurangnya tiga gol dalam empat laga melawan West Brom di seluruh kompetisi.
* The Citizens meraih lima kemenangan dari enam laga pembuka di Premier League.
* West Brom memetik 10 clean sheets dalam 18 laga di bawah asuhan Pulis.
* The Baggies menjalani lima laga pembuka seluruhnya dimainkan di Hawthorns, dengan hanya sekali menang ketika melawan Liverpool pada musim 2012/13.
* The Citizens meraih empat kali memang dari lima pertandingan tandang ke Hawthorns.
* Manuel Pellegrini melakoni musim 2014/15 dengan mengukir enam kali kemenangan berturut-turut.

Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* West Bromwich Albion : W W W W W


31/7/15 Bristol Rovers 0 - 4 West Bromwich Albion
28/7/15 Walsall 0 - 2 West Bromwich Albion
25/7/15 Swindon Town 1 - 4 West Bromwich Albion
19/7/15 Richmond Kickers 1 - 2 West Bromwich Albion
18/7/15 Charleston Battery 1 - 2 West Bromwich Albion

* Manchester City: L W L W W

1/8/15 VfB Stuttgart 1893 4 - 2 Manchester City
27/7/15 Vietnam 1 - 8 Manchester City
24/7/15 Manchester City 1 - 4 Real Madrid
21/7/15 AS Roma 2 - 2 Manchester City
18/7/15 Manchester City 1 - 0 Melbourne City

Head To Head:
 
21/3/15 Manchester City 3 - 0 West Bromwich Albion
26/12/14 West Bromwich Albion 1 - 3 Manchester City
21/4/14 Manchester City 3 - 1 West Bromwich Albion
4/12/13 West Bromwich Albion 2 - 3 Manchester City
7/5/13 Manchester City 1 - 0 West Bromwich Albion

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* West Bromwich Albion 0 - 2 Manchester City (14 persen)
* West Bromwich Albion 0 - 3 Manchester City (13 persen)
* West Bromwich Albion 1 - 3 Manchester City (11 persen)
 
Prediksi jalannya laga:

* West Brom bakal bertanding dengan semangat membara mengingat mereka telah sungguh menyiapkan diri menghadapi Premier League musim ini. Pasukan asuhan pelatih Pulis termotivasi memberi perlawanan kepada tim asuhan Pellegrini.

* Bertanding di kandang merupakan vitamin tersendiri bagi West Brom. Kepercayaan diri bakal membuncah karena berlaga di hadapan publik pendukung. Faktor inilah yang bakal dieksplorasi oleh seluruh kubu West Brom menghadapi kubu Manchester City.

* Manchester City sangat berharap tuah kemenangan di laga perdana, terlebih ketika menyaksikan hasil yang tidak memuaskan yang diperoleh Chelsea di laga perdana. Raheem Sterling dan Fabian Delph bakal menjadi tumpuan. Ini yang tentu menjadi perhatian ekstra bagi West Brom yang finis di posisi ke-13 di musim lalu.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:

* West Bromwich Albion: 1
* Manchester City: 3

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015