Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah warga antusias memanfaatkan tiket gratis kereta api komuter line dalam peringatan HUT ke-70 kemerdekaan Republik Indonesia.

"Biasanya saya tidak naik kereta, jarang-jarang lah. Tapi karena hari ini gratis saya mau coba," kata Rita salah seorang warga di Jakarta, Senin.

Rita bersama suami dan anaknya akan menumpang KRL dari Stasiun Buaran di Jakarta Timur ke Jatinegara. Biasanya dia naik motor sebagai moda transportasi sehari-hari.

"Karena dekat dan gratis jadi naik kereta saja," tambah Rita yang mengaku sengaja naik kereta dengan keluarga memanfaatkan hari libur tersebut.

Warga lainnya, Nurjanah mengaku baru mengetahui jika komuter line digratiskan menyambut hari kemerdekaan.

"Gratis ya, kita jalan-jalan yuk hari ini, " kata Nurjanah kepada anaknya.

Nurjanah mengaku senang dengan gratisnya tiket kereta jarak pendek itu. "Bagus gratis, hari ini kan kita merdeka," ujar Nurjanah.

Ucin, petugas keamanan Stasiun Buaran mengatakan, sejak pukul 08.00 WIB, kereta penuh oleh penumpang ke berbagai tujuan di Jabodetabek.

"Baru sekarang ini agak sepi, tadi pagi padat sekali, mungkin karena gratis juga jadi banyak yang naik," ujar Ucin.

Tiket gratis berlaku di semua stasiun Jabodetabek dan untuk semua penumpang menyambut HUT RI

Meski biaya pemberangkatan gratis, tetapi penumpang tetap melakukan proses seperti biasa, membeli Tiket Harian Berjamin (THB) hanya dengan membayar uang jaminan kartu. Sedangkan untuk multi trip tidak dipotong biaya.

Uang jaminan bisa diambil kembali di stasiun terakhir tempat turun.Tiket gratis berlaku selama sehari sejak pukul 08.00-17.00 WIB.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015