Jakarta (ANTARA News) - Para pengembang perumahan di sejumlah wilayah Indonesia berlomba menyediakan akses internet kecepatan tinggi (broadband) berbasis fiber optik IndiHome milik PT Telkom untuk memudahkan penghuni rumah menikmati layanan serba digital.

"Kehadiran akses internet broadband di dalam rumah semakin dibutuhkan semua anggota keluarga. Dengan menggandeng sejumlah pengembang, diharapkan penetrasi pelanggan IndiHome dapat ditingkatkan," kata Vice President Consumer Marketing and Sales Telkom Jemy Confido, di Jakarta, Rabu.

Mengutip sebuah survey, Jemy mengatakan bahwa anak-anak dan remaja dalam mengakses internet memiliki tiga motivasi, yaitu mencari informasi, tetap terhubung dengan teman-teman dan untuk mendapatkan hiburan.

Berdasarkan kebutuhan itulah, para orang tua berusaha menyediakan akses internet untuk mendukung proses belajar bagi anak-anaknya, selain juga untuk keperluan pekerjaan dan agar selalu terhubung dengan kerabat orang tua itu sendiri.

Salah satu perumahan yang telah melakukan kerja sama dengan Telkom menggelar fiber optik untuk menyediakan layanan IndiHome bagi warganya adalah Permata Setiabudi Residence, Medan.

Andri Lie, wakil pengembang Permata Setiabudi Residence, mengatakan alasan penggunaan layanan IndiHome Fiber adalah teknologi fiber optik yang memungkinkan akses internet dengan kecepatan tinggi sampai dengan 100 Mbps.

"Digital life style berbasis intenet yang saat ini telah menjadi trend, menjadi sangat mudah diakses. Layanan Interaktif TV juga menjadi lebih menarik karena menawarkan berbagai jenis kanal hiburan dan edutainment yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pelanggan," ujar Andrie.

Dengan layanan IndiHome, pelanggan juga dapat nelpon sepuasnya selama 1.000 menit dari telepon rumah, baik panggilan lokal maupun interlokal. Ketiga jenis layanan dalam satu paket IndiHome tersebut disebut dengan "triple play" (tiga layanan sekaligus).

Senada dengan itu, Wakil pengembang Perumahan Citra Grand City, Palembang, Iliana mengatakan kredibilitas Telkom dalam menyediakan akses jaringan fiber optik hingga ke rumah pelanggan sangat penting.

"Dengan jaringan 100 persen fiber dan layanan triple play, diyakini kerja sama ini akan memberikan nilai lebih, tidak hanya bagi pelanggan atau penghuni perumahan tetapi juga bagi perkembangan bisnis properti di Sumatera Selatan," ujar Iliana.

Selain layanan "triple play", IndiHome juga menyediakan berbagai fitur tambahan, seperti IndiHome Automation yang menyediakan fungsi otomatisasi agar rumah menjadi semakin nyaman dan aman bagi penghuninya. IndiHome View yang merupakan kamera pemantau (surveillance camera) untuk monitoring kondisi rumah yang bisa diakses jarak jauh dari berbagai perangkat, termasuk ponsel pintar.

Selanjutnya, IndiHome Control, yaitu pengaturan secara otomatis dan jarak jauh untuk menghidupkan dan mematikan lampu, AC (air conditioner), televisi, dan berbagai perangkat elektronik lainnya.

Selain lebih nyaman, otomatisasi ini akan membuat konsumsi energi listrik di dalam rumah menjadi lebih efisien.

(T.R017/S027)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015