Jakarta (ANTARA News) - Indonesia mendapatkan apresiasi dari Komisi Organisasi Sidang Umum ke-36 AIPA di Kualalumpur, Malaysia, karena telah memberikan kontribusi pada ASEAN.

"Salah satu kontribusi Indonesia adalah dalam penyediaan dan pengadaan fasilitas kantor Sekretariat ASEAN di Jakarta," kata Anggota Delegasi Indonesia, Hamdhani, di Komisi Organisasi Sidang Umum AIPA dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Bahkan, lanjut Hamdhani, Indonesia juga telah memberikan tempat yang strategis bagi Sekretariat AIPA, yang berada dalam satu gedung dengan Sekretariat ASEAN.

Namun menurut politisi Fraksi Nasdem ini, dalam diskusi Komisi Organisasi AIPA sempat terungkap harapan agar Sekretariat AIPA ini tetap berada di kantor Parlemen Indonesia seperti saat ini, yaitu di Nusantara III Gedung DPR RI.

"Karena ada keterikatan dalam konteks ini dengan parlemen. Namun beberapa delegasi juga ada yang setuju Sekretariat AIPA ditempatkan di kantor Sekretariat ASEAN," ungkap politikus asal daerah pemilihan Kalimantan Tengah itu.

Selain memberikan apresiasi kepada Indonesia, Komisi Organisasi AIPA juga membahas masalah spesial donasi atau dana funding dari setiap negara dalam bentuk mata uang dolar AS.

Donasi ini akan digunakan sebagai dana darurat jika sewaktu-waktu negara-negara dalam menyelenggarakan sidang AIPA kekurangan dana. Dana ini sebagai melengkapi.


Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015