Barcelona (ANTARA News) - Sekitar 1,4 juta orang berdemonstrasi di Barcelona untuk menuntut kemerdekaan wilayah Catalonia dari Spanyol, kata polisi kota itu seperti dikutip AFP.

Pihak berwenang menyiarkan jumlah ini lewat Twitter setelah unjuk rasa yang menandai awal kampanye pemilu daerah 27 September yang disebut pemilu terselubung untuk merdeka itu.

Dengan melambaikan bendera merah kuning Catalan, para demonstran berpawai di sebuah jalan utama di Barcelona dengan berteriak "merdeka", sedangkan yang lainnya membentuk piramida manusia yang menjadi tradisi rakyat Catalan.

Unjuk kekuatan ini pada hari nasional Catalan itu terjadi pada saat tensi politik yang tinggi sekitar tiga bulan menjelang Pemilu Spanyol yang menjadi perekonomian terbesar keempat di zona euro.

Polisi Barcelona menaksir jumlah demonstran mencapai 1,4 juta, sedangkan penduduk Catalan sendiri berjumlah 7,5 juta.

Berbagai jajak pendapat belakangan ini menunjukkan bahwa para calon wakil rakyat propemisahan diri dari Spanyol akan menjadi mayoritas pada parlemen Catalan pada pemilu daerah bulan ini.

Jika para calon wakil rakyat ini menang, Presiden Catalan Artur Mas telah bersumpah untuk memaksakan peta jalan 18 bulan menuju pemisahan diri Catalan yang merupkan seperlima kekuatan ekonomi Spanyol, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015