Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Denmark untuk Indonesia Casper Klynge menemui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli guna membahas rencana kunjungan Ratu Denmark Margrethe II ke Indonesia pada 21-24 Oktober mendatang.

Menurut Rizal, seusai pertemuan di Kantor Kemenko Kemaritiman di Gedung BPPT Jakarta, Selasa, kunjungan Ratu Denmark itu akan menjadi yang pertama dalam 65 tahun terakhir.

"Ini kejadian besar dan kami ingin dalam rangka kunjungan ini terjadi peningkatan kerja sama bidang maritim, energi dan lainnya," kata Rizal.

Klynge mengaku membahas banyak hal guna meningkatkan kerja sama yang lebih baik antarnegara di masa mendatang.

"Seperti yang dikatakan Menko Rizal, kami ingin agar kunjungan (Ratu Denmark) tidak hanya bisa mendorong kerja sama government to government tapi juga kerja sama business to business," ujarnya.

Senada dengan keinginan Rizal, Klynge menegaskan Denmark ingin menjadi mitra Indonesia pada bidang maritim, energi dan transportasi.

Menurut dia, kerja sama kedua negara diproyeksikan bisa menciptakan pekerjaan, mendorong pertumbuhan ekonomi dan membantu Indonesia mewujudkan keinginan menjadi poros maritim dunia.

Ratu Margrethe II dan suaminya Pangeran Henrik akan mengunjungi Indonesia dengan singgah di  Jakarta, Surabaya dan Yogyakarta. Dia akan didampingi Menteri Luar Negeri Kristian Jensen dan Menteri Energi Lars Christian Lilleholt.

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015