Jakarta (ANTARA News) - PT Cargil Indonesia menyatakan komitmen investasinya sebesar 750 juta dolar AS selama empat tahun kedepan dengan membangun beberapa pabrik di Jawa dan luar Pulau Jawa.

"Kami bertemu Menteri Perindustrian Saleh Husin untuk menyampaikan komitmen investasi ke depan dibidang agrikultur sebesar 750 juta dolar AS," kata Director Corporate Affairs PT Cargil Indonesia Arief Susanto di Jakarta, Rabu.

Arief mengatakan, pabrik yang akan dibangun adalah untuk pakan ternak dan pemanis yang akan memenuhi kebutuhan pasar lokal dan ekspor.

Terkait bahan baku, Arief menyampaikan bahwa Cargil akan berkomitmen untuk bekerja sama dengan petani lokal untuk dapat menyerap bahan baku dari hasil tani mereka.

"Kami berkomitmen akan bekerja dengan petani lokal, seperti yang sudah kami lakukan di kakao dan sawit. Jadi, menggunakan sistem multi plasma," ujarnya.

Diketahui, investasi perusahaan asal Iowa, Amerika Serikat tersebut telah menanamkan investasinya sebesar lebih dari 1 miliar dolar AS untuk pembangunan beberapa pabrik, seperti pabrik pengolahan kepala sawit dan kakao.

Jika rencana investasi tersebut benar-benar direalisasikan, maka investasi Cargil di Indonesia mencapai 1,750 juta dolar AS.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015