Jakarta (ANTARA News) - Autodesk Inc, perusahaan teknologi informasi (TI) global yang bergerak di bidang desain produk, menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) Indonesia untuk menyediakan perangkat dan pelatihan gratis bagi tenaga kerja, produsen, dan pengusaha di Indonesia.

"Memanfaatkan kekuatan teknologi merupakan bagian tak terpisahkan untuk kesuksesan industri, kami bantu perusahaan, start-ups, pengusaha dan tenaga keja Indonesia pada umumnya dengan pelatihan dan perangkat desain 3D tercanggih sehingga mereka dapat lebih produktif," kata Managing Director Autodesk ASEAN, V R Srivatsan, disela Autodesk University extention (AUx) ASEAN ke-4 di Jakarta, Rabu.

Srivatsan menambahkan, dengan membekali generasi muda dengan kemampuan dan skill teknologi terbaru desain produk, dapat membantu generasi muda Indonesia lebih siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang lebih kompetitif.

MOU Autodesk dan Kemenaker menyediakan 276 balai latihan kerja akses gratis kepada seluruh produk perangkat lunak desain 3D, kurikulum yang telah ditingkatkan, pelatihan teknis dan sertifikasi yang selaras dengan praktik terbaik dalam industri.

Sementara untuk komunitas Fab Lab, Autodesk memberikan produk Fusion 360 gratis. Fusion 360 adalah perangkat CAD/CAM Mmenghubungkan keseluruhan proses pengembangan produk dalam perangkat tunggal lingkungan berbasis cloud.

Autodeks University Extension (Aux) ASEAN adalah rangkaian acara yang diadakan di pasar utama di seluruh dunia, di mana desainer dan pemimpin industri berkumpul untuk mempelajari serta merayakan kekuatan teknologi desain. AUx ASEAN kelima diadakan di Jakarta dan lebih dari 1.000 disain profesional mendaftar di acara yang berlangsung selama satu hari tersebut.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015