Pekanbaru (ANTARA News) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, melarang takbiran keliling Idul Adha karena kualitas udara Pekanbaru memburuk gara-gara diselimuti asap hingga dinyatakan berstatus berbahaya.

"Kalau biasanya masyarakat melakukan takbiran di jalanan sambil bawa bedug, nah untuk tahun ini Wali Kota meminta agar hal tersebut tidak dilakukan," ungkap Asisten IV Pekanbaru Destrayani Bibra di Pekanbaru, Senin, usai menggelar rapat persiapan Idul Adha bersama Majelis Ulama Indonesia dan Kemenag Pekanbaru.

Bibra menyebutkan, Wali Kota Pekanbaru Firdaus mengimbau warga Pekanbaru agar tidak melaksanakan takbir Idul Adha di Jalanan sebagaimana biasa dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya menyusul status darurat asap yang ditetapkan Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman beberapa waktu lalu.

Walau Senin ini jarak pandang mulai membaik, Pemkot tidak bisa menjamin kualitas udara akan lebih baik, termasuk saat Idul Adha 1436 Hijriah tiba pada  24 September 2015.

"Yang jelas saat ini kondisi udara di Pekanbaru masih tidak sehat," ujar Bribra. "Tahun ini kita minta warga agar takbiran Idul Adha di masjid atau Mushala terdekat."

Pewarta: Netty Mindrayani/Vera Lusiana
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015